Efektifitas Penyaringan Sederhana dengan Media Cipping, Arang Aktif, dan Zeolit Dalam Menstabilkan Kadar BOD dan COD Limbah Cair Usaha Laundry Rumah Tangga

The Effectiveness of Simple Filtering with Cipping Media, Activated Charcoal, and Zeolite in Stabilizing BOD and COD Levels of Liquid Waste for Household Laundry Business

  • Nanang Rahmadani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Amanah, Makassar
  • Muhammad Syafri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Amanah, Makassar
  • Sahdan Mustari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Amanah, Makassar
  • Nur Hamdani Nur Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
Keywords: Zeolite, Cipping, Arang Aktif, COD;, BOD

Abstract

Latar Belakang: Limbah yang dihasilkan oleh sisa proses laundry berpotensi untuk menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan terutama pada badan air.

Tujuan: Penelitian adalah untuk Mengukur efektifitas penyaringan sederhana dengan media cipping, karbon aktif, dan zeolit dalam menstabilkan kadar BOD dan COD limbah cair usaha laundry rumah tangga.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat pre-eksperimen design dengan jenis pretest dan postest yang disajikan melalui bentuk tabel dan grafik. Populasinya adalah salah satu tempat usaha laundry rumah tangga yang terletak kota Makassar.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan nilai BOD dan COD pada semua rancangan baik pada wadah 1, wadah 2 dan wadah 3. Bila dibandingkan efektifitas antara tiga wadah 1, 2 dan tiga terlihat bahwa tidak memili perbedaan yang signifikan. Wadah 1 dan wadah 3 memiliki tingkat penurunan nilai COD dan BOD yang relative sama bila dibandingkan dengan wadah 2.

Kesimpulan: media penyaringan sederhana dengan menggunakan media cipping dan arang aktif, media cipping dan zeolite, dan media cipping, arang aktif dan zeolite memenuhi syarat baku mutu air No. P68/Menlhk-Setjen/2016. Saran yaitu masyarakat diharapkan untuk pengguna jasa laundry sebaiknya menggunakan alat penyaringan sederhana sebelum dibuang ke lingkungan agar pencemaran air berkurang dan kondisi lingkungan tetap bersih dan sehat.

 

References

Gustian, I., E.T. Suharto. 2005. Studi penurunan salinitas air dengan menggunakan Zeolit alam yang berasal dari Bengkulu. Jurnal: Gradien. 1(1): 38-42.

Kristiansen, A.I. dan S. Mangkoedihardjo. 2001. Uji Kemampuan Penggunaan Zeolit Alam Sebagai Media Untuk Menurunkan Kandungan Logam Berat Cu. Jurnal Purifikasi. 2(5): 253-258.

Amelia, R., 2003, Pengaruh Konsentrasi Molekul Pengarah Terhadap Kristalinitas dan Komposisi Mineral Zeolit Pda Modifikasi Zeolit Alam Wonosari, Skripsi, UNDIP, Semarang

Amun AS, Fahrurozi. 2006. Kesetimbangan Adsorbsi Optimal Campuran Biner Cd (III) Dengan Zeolit Alam Terimpregnasi 2-merkaptobenzotiazol.

A. I. Larasati, Efektivitas Adsorbsi Logam Berat Pada Air Lindi Menggunakan Media Karbon Aktif, Zeolit dan silika Gel di TPA Tlekung, Batu (The Effectiveness of Heavy Metals Adsorptions on Leachate by Activated Carbon , Zeolite , and Silica Gel in TPA Tlekung , Batu, J. Sumberd. Alam dan Lingkung., vol. 2 , no. 1, hal. 44–48, 2015.

Lee, Z. S., Chin, S. Y., Lim, J. W., Witoon, T., & Cheng, C. K. (2019). Treatment technologies of palm oil mill effluent (POME) and olive mill wastewater (OMW): A brief review. Environmental technology & innovation, 15, 100377.

Lam, M. K., & Lee, K. T. (2011). Renewable and sustainable bioenergies production from palm oil mill effluent (POME): win–win strategies toward better environmental protection. Biotechnology advances, 29(1), 124-141.

Tety Sudiarti, S., Eko Prabowo Hadisantoso, H., & Asep Supriadin, S. (2018, October). PROSIDING: Seminar Nasional Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2018 Tema:“Peran Sains Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Bahan Alam Untuk Kesejahteraan. Masyarakatâ€. In PROSIDING: Seminar Nasional Kimia UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2018 Tema:“Peran Sains Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Bahan Alam Untuk Kesejahteraan. (Vol. 1, No. 1, pp. 1-227). http://digilib. uinsgd. ac. id.

Published
2022-04-09
How to Cite
Rahmadani, N., Syafri, M., Mustari, S., & Nur, N. H. (2022). Efektifitas Penyaringan Sederhana dengan Media Cipping, Arang Aktif, dan Zeolit Dalam Menstabilkan Kadar BOD dan COD Limbah Cair Usaha Laundry Rumah Tangga: The Effectiveness of Simple Filtering with Cipping Media, Activated Charcoal, and Zeolite in Stabilizing BOD and COD Levels of Liquid Waste for Household Laundry Business . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(4), 447-452. https://doi.org/10.56338/mppki.v5i4.2209