Pengaruh Penyuluhan dengan Media Animasi Pencegahan Stunting terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin

The Effect of Counseling with Animated Media of Stunting Prevention on the Knowledge and Attitudes of Prospective Bridals

  • Nurlinda Nurlinda Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rahmat Zarkasyi R Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Rasidah Wahyuni Sari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Stunting, animasi, pengetahuan, sikap

Abstract

Stunting terjadi akibat tidak terpenuhinya gizi kronis di 1000 hari pertama kehidupan yang mengakibatkan perkembangan anak terganggu. Menurut WHO upaya pencegahan pada stunting dapat dimulai sejak prakonsepsi, wanita usia subur dapat mulai diberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai pentingnya pemenuhan asupan gizi sebelum kehamilan. tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan dengan media animasi pencegahan stunting terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Metode quasi eksperimen, dengan rancangan One-group pre-post test design. Penelitian dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) Patampanua dan KUA Lembang Kabupaten Pinrang, Waktu  Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020- Januari 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan Total Sampling terhadap 47 responden.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengetahuan Responden setelah pemberiann penyuluhan pencegahan stunting dengan media animasi untuk pre-test yaitu 8,62 sedangkan untuk hasil post- test mengalami peningkatan yaitu 13,38. sikap Responden setelah pemberiann penyuluhan pencegahan stunting dengan media animasi untuk pre-test yaitu 20,68 sedangkan untuk hasil post- test mengalami peningkatan yaitu 31,60.

Kesimpulan Ada pengaruh penyuluhan dengan media animasi pencegahan stunting terhadap pengetahuan dan sikap calon pengantin dengan nilai P = 0,000).

References

Sumarmi Sri. 2017. “Tinjauan Kritis Intervensi Multi Mikrotutrien pada 1000 Hari Pertama Kehidupan.†40(1):17–28.

UNICEF, WHO, World Bank Group. 2018. LEVELS AND TRENDS IN CHILD MALNUTRITION. Washington DC.

Prabandari, Yunilla, Diffah Hanim, Risya Cilmiaty AR, and Dono Indarto. 2017. “Hubungan Kurang Energi Kronik Dan Anemia Pada Ibu Hamil Dengan Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan Di Kabupaten Boyolali (Correlation Chronic Energy Deficiency and Anemia During Pregnancy With Nutritional Status of Infant 6 – 12 Months in Boyolali Regency).†Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research) 39(1):1–8.

Sumarmi, Sri. 2019. “ORASI ILMIAH ‘Gizi Prakonsepsi : Mencegah Stunting Sejak Menjadi Calon Pengantin.’†(October).

sSofiyya, Izka, Ariyanti Nur, Hiya Alfi, Ade Uswatun, and Christy Nataly. 2019. “Pengaruh Edukasi Stunting Menggunakan Metode Brainstorming Dan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Ibu Dengan Anak Stunting.†Ilmu Gizi Indonesia 02(02):141–46.

Anggara Putra Dwiki. 2019. Apa yang dimaksud dengan teori perubahan sikap atau attitude change teory. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-teori-perubahan-sikap-atau-attitude-change theory/124518.

Fauziatin, Naila, Apoina Kartini, and S. .. Nugraheni. 2019. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Lembar Balik Tentang Pencegahan Stunting Pada Calon Pengantin.†VISIKES : Jurnal Kesehatan Masyarakat (agustus):224–33.

Wenna Araya. 2018. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang, Pencegahan Stunting, Terhadap Pengetahuan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Eka and Harap Palangka. “373-673-1-Pb.†9(2).

Published
2021-08-09
How to Cite
Nurlinda, N., Zarkasyi R, R., & Wahyuni Sari, R. (2021). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Animasi Pencegahan Stunting terhadap Pengetahuan dan Sikap Calon Pengantin: The Effect of Counseling with Animated Media of Stunting Prevention on the Knowledge and Attitudes of Prospective Bridals . Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(3), 372-376. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i3.1606