Analisis Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga Biru

  • Harismayanti Harismayanti Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Sabirin B. Syukur Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Keywords: KEK, Pola Konsumsi, Asupan Gizi, Ibu Hamil

Abstract

Ibu hamil yang menderita Kekurangan Energi Kronik (KEK) mempunyai risiko kematian ibu pada masa perinatal atau risiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah (BBLR). WHO mencatat 40% kematian ibu di negara berkembang berkaitan dengan kekurangan energi kronis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah KEK pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Telaga Biru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan wawancara mendalam dan pengamatan langsung. Tahapan pelaksanaan kegiatan meliputi penetapan populasi dan sampel, pengumpulan data, wawancara, pengamatan langsung, pengolahan data, pennyusun laporan. Hasil Penelitian didapatkan bahwa masalah KEK yang terjadi pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Telaga Biru dipengaruhi oleh faktor, pengetahuan, pola konsumsi, paritas, ekonomi, asupan gizi, konsumsi makanan tambahan dan tablet FE, BB awal yang rendah. Dari hasil wawancara didapatkan pemberian makanan tambahan berupa susu, biskuit, dan tablet FE pendistribusiaannya tidak dilakukan secara kontinu selain itu faktor yang sangat berpengaruh pada masalah KEK pada ibu hamil yaitu pola konsumsi ibu hamil dan BB sebelum hamil. Pola konsumsi ibu hamil mengalami perubahan pada saat hamil khususnya pada trimester pertama nafsu makan menurun akibat mual muntah menyebabkan perubahan pola konsumsi dan BB pada saat sebelum hamil rata-rata menunjukkan BB yang kurang dari normal. Kesimpulan masalah KEK pada ibu hamil merupakan masalah yang kompleks dan membutuhkan waktu, serta kerjasama yang baik antara petugas kesehatan, ibu hamil, dan keluarga dalam upaya perbaikan gizi ibu haiml agar terhindar dari KEK.

 

References

Agustini. 2012. Pengetahuan ibu hamil tentang tanda-tanda bahaya kehamilan di wilayah kerja puskesmas Cimandala Kecamatan Sukaraja. Universitas Indonesia.

Ambarwati R.F, 2015. Gizi & Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Cakrawala Ilmu, pp : 40-41

Aprianti Eka. 2017. Gambaran kejadian kekurangan energi kronis pada ibu hamil di puskesmas Kasihan 1 Bantul. Yogyakarta. Stikes Jendral Achmad Yani Yogyakarta.

Auliana Utami, 2016. Hubungan UsiaTingkat Pendidikan Status Ekonomi Pekerjaan dan Asupan Zat Gizi Makro Dengan Status Gizi Ibu Hamil Di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Dewi et al,. 2013. Ilmu Gizi Untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu, pp : 13-16

Fitrianingsih. 2014. Media gizi Indonesia. Hubungan Pola Makan dan Status Ekonomi dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik Pada Ibu Hamil di Puskesmas Tompobulu Kabupaten Gowa. 2. (2), 23-53

Hamzah.2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Kekurangan Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil. Universitas Sains Cut Nyak Dhien Langsa.

Handayani Sri, 2012.Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kekurangan Energi Kronis Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Wedi Klaten.

Hapi Apriasih, 2013. Hubungan Paritas Dengan Kejadian KEK pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya.

Harismayanti. 2017. Pengalaman diabetes dalam mengendalikan gula darah. Universitas muhammadiyah gorontalo.

Hasan.2017. Hubungan Pengetahuan dan Pendapatan Keluarga dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik. Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Hidayanti. 2011. Hubungan antara pola konsumsi dan pantangan makanan terhadap resiko KEK pada ibu hamil. Tanggerang selatan. Universitas islam syarif hidayatullah jakarta.

Hijayanti Hafifah, 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kekurangan Energi Kronis KEK Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Jetis II Bantul Yogyakarta. Skripsi

Husna Halimu Putri, 2011. Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Kurang Energi Kronis Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Batu Retono Kabupaten Wonogiri. Skripsi

Iskandar, 2013.Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kekurangan Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Cikarang Utara.

Johanis, 2011.Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi denagan Kekurangan Energi Kronik PadaIbu Hamil di Kelurahan Kombos Barat Kecamatan Singkil.Universitas Samratulangi Manado. Skripsi

Kristiyanasari. 2010. Gizi Ibu Hamil. Yogyakarta : Nuhamedika, pp : 51-52

Lasama.2016. Faktor Risiko Kejadian Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil. Universitas Muhammadiyah Gorontalo. Skripsi

LPPM. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Gorontalo : Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Mahirawati. 2014. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil di Kecamatan Kamoning dan Tambelangan, kabupaten Sampang, Jawa Timur. 17 (2)

Manhiya. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil. Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Maulana Wahyu, 2015. Hubungan Status Ekonomi dengan Tingkat Konsumsi Energi Protein dengan Status Gizi Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Colomadu II Kabupaten Karanganyar.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muliawati. 2012. Faktor Penyebab Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK) di Puskesmas Sambi Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali 3 (3) pp : 14

Novitasari.2016. Hubungan Paritas dengan Kejadian Risiko Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil. Universitas Jember.

Oktaviana Putri, 2012. Tentang Hubungan Status Ekonomi Dengan Kurang Energi Kronik Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Ngambon Kabupaten Bojonegoro.

Pratiwi Hadi Agni, 2012. Pengaruh Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan Anemia Saat Kehamilan Terhadap Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan Nilai APGAR di Wilayah Kerja Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember.

Primadani. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian KEK. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rini Puspita Rusmalina, 2017. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kurang Energi Kronik Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Uptd Di Puskesmas Jatiluhur Purwakarta.

Saryono, Anggraeni. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif.Yogyakarta : Nuhamedika. Pp : 77

Sondakh. L. 2014. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Terjadinya Kekurangan Energi Kronis (KEK) Pada Ibu Hamil. Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Suhardjo.2010. Perencanaan Pangan dan Gizi.Jakarta : Bumi Aksara, pp : 8

Wijayanti, 2016. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kekurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil di Puskesmas Jetis II Bantul Yogyakarta.

Published
2021-05-18
How to Cite
Harismayanti, H., & Syukur, S. B. (2021). Analisis Kekurangan Energi Kronik pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga Biru. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(2), 162-170. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i2.1491