IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL MEREK DALAM PERSAINGAN USAHA DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS
Abstract
Dalam melakukan penelitian ini guna mengerti bagaimana bentuk implementasi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual yang berupaya untuk melindungi Merek di masa perkembangan ekonomi serta persaingan usaha ini berlangsung, era globalisasi membuat berkembangnya perekonomian dunia khususnya di Indonesia, apabila satu perkembangan ekonomi tidak diatur melalui hukum terutama dalam persaingan bisnis atau usaha dikhawatirkan akan menjadi persaingan usaha yang tidak sehat dan tidak akan terwujudnya cita –cita bangsa Indonesia. Lingkup Hak Kekayaan Intelektual umumnya mencangkup Hak Cipta dan Hak Terkait, Merek, indikasi geografis, desain industri, paten, desain tata letak sirkuit terpadu, rahasia dagang, larangan praktek persaingan curang dan perjanjian lisensi. Tetapi yang menjadi konsen pada penelitian ini adalah mengenai perlindungan merek, dimana Merek menjadi suatu permasalahan dalam bisnis, karena Merek merupakan identitas atas hasil inovasi atau ide yang tidak berwujud yang bisa menimbulkan keuntungan apabila ide atau inovasi tersebut sesuai dengan lingkup masyarakat. Merek selalu dipermasalahkan karena penggunaan Merek yang seharusnya tidak bisa digunakan oleh setiap persaingan dalam usaha karena ada Merek yang sudah didaftarkan secara resmi kepada Negara maka bagi pelaku usaha yang tanpa hak memakai merek yang sudah didaftarkan itu maka secara perdata dan pidana bisa dilakukan upaya hukum, karena Merek yang telah tercatat memperoleh kepastian hukum yang jelas, maka yang melakukan pemakaian tanpa hak bisa dilakukan dengan menggugat pemberhentian semua kegiatan yang terkait dengan merek tersebut berdasrkan UU MIG.
Kata Kunci: HKI, Merek, Perlindungan.
References
Adawiyah, R. (2021). PENGATURAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DALAM MASYARAKAT KOMUNAL DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Hukum Kenotariatan , 1-16.
Dwijayanti, N. K. (n.d.). KRITERIA PELANGGARAN HAK ATAS MEREK TERSOHOR DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. , 1-5.
Maya Jannah, S. M. (2018). PERLINDUNGAN HUKUM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI) DALAM HAK CIPTA DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah “Advokasi” , 55-72.
Mirfa, E. (2016). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MEREK TERCATAT. Jurnal Hukum Samudra Keadilan , 65-77.
Prameswar, N. M. (2021). Pelanggaran Hukum Hak Atas Merek dalam Hubungannya dengan Persaingan Usaha Tidak Sehat di Indonesia. Jurnal Analogi Hukum, 277–281.
Prasetia, A. N. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM MEREK TERSOHOR TERKAIT DENGAN PERSAINGAN USAHA TIDAK SEHAT. Jurnal Konstruksi Hukum, 13-18.
Sanjaya, P. E. (n.d.). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK MEREK TERSOHOR DI INDONESIA. 1-12.
Windiantina, W. W. (2022). Hak Kekayaan Intelektual Dalam Perspektif Hukum Dan Manfaatnya Bagi Masyarakat. BHAKTI HUKUM Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 97-102.
Artikel
Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. bphn.co.id https://bphn.go.id/data/documents/na_ruu_tentang_merek.pdf
Aturan Perundang-Undangan dan Putusan Pengadilan Niaga
Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis.
Agreement on Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights (TRIPs Agreement) (1994)
Nomor 2/Pdt.Sus.HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL/Merek/2022/PN.Niaga Sby.