METODE PRODUKSI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2000 TENTANG RAHASIA DAGANG

  • Adiguna Kharismawan Tadulako University
  • Budimah Budimah Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Hak Kekayaan Intelektual

Abstract

Metode Produksi Menurut Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang

 

Adiguna Kharismawan

Universitas Tadulako

Email : kharismawanhiola@gmail.com

 

 

ABSTRAK

Untuk mengatasi persaingan curang karena timbulnya persaingan yang ketat, diperlukan peraturan yang jelas untuk menentukan panduan-panduan atau rambu-rambu yang harus ditaati secara preventif bagi siapa saja yang melakukan persaingan. Sistem hukum Indonesia mempunyai formulasi untuk mengatasi persaingan curang dalam usaha atau persaingan usaha yang akan terjadi dengan menggunakan formulasi dari Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Hukum khusus yang diatur dalam sistem hukum Hak Kekayaan Intelektual mempunyai 2 (dua) bagian besar yaitu : 1. Hak Cipta. 2. Hak Milik Industrial yang mencakup tentang Paten, Merek, Varietas Tanaman, Desain Industri, Desaian Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang. Namun dalam undang-undang nomor 30 tahun 2000 tentang rahasia dagang tidak menjelaskan secara rinci atau mendetail terkait apa yang dimaksud dengan metode produksi. Pendekatan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normative, lalu menggunakan Data sekunder peraturan perundang-undang, pendapat ahli, jurnal, buku, literatur atas putusan perkara yang bertujuan untuk mengetahui tentang metode produksi dari aspek hukum undang-undang Nomor 30 tahun 2000 tentang Rahasia Dagang khususnya kurangnya pasal yang mejelaskan tentang metode produksi itu sendiri. Metode produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan dan juga menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan faktor-faktor yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku dan dana agar lebih bermanfaat bagi kebutuhan manusia.

 

Kata Kunci : Rahasia Dagang, Metode Produksi, Hak Kekayaan Intelektual

References

Sumiarti, Murti et, Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan, Edisi II, Penerbit Liberty, Yogyakarta, 1997.
Prishardoyo, Bambang, Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Grasindo, 2005.
Assauri, Sofyan, Manajemen Produksi, Penerbit FE-UI, Jakarta, 1980.
Thomas Davenport. Process Innovation: Reengineering work through information technology. Harvard Business School Press, Boston, 1993.
Michael Hammer and James Champy. Reengineering the Corporation: A Manifesto for Business Revolution, Harper Business, 1993.
Undang-undang Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang.
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta.
Keputusan Mahkamah Agung Nomor 332 K/Pid.Sus/2013.
Published
2022-10-05