Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Makeup

The Influence of Customer Value and Service Quality on Customers Satisfaction in Makeup Services

  • Sarifuddin. T Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Kota Palu, Indonesia.
  • Cahyaning Raheni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Kota Palu, Indonesia.
  • Setiawan Mandala Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Kota Palu, Indonesia.
  • Ni Nyoman Lilik Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu, Kota Palu, Indonesia.
Keywords: Nilai Pelanggan, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari nilai pelanggan dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jasa Make Up Mahataksu Wedding yang beralamatkan di jalan Merpati Kota Palu. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah menggunakan jasa Make Up Mahataksu Wedding sejak berdirinya dari tahun 2020-2022. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang pernah menggunakan jasa Make Up Mahataksu Wedding sejak periode penelitian khususnya pelanggan untuk prosesi pernikahan (Wedding) berjumlah 40 orang. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selanjtunya, nilai pelanggan juga ditemukan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, artinya semakin baik nilai yang didapatkan oleh pelanggan maka akan meningkat pula kepuasan dari konsumen tersebut. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, hal ini mengartikan bahwa semakin baik dan berkualitas bentuk layanan yang diberikan maka semakin meningkat pula kepuasan dari konsumen tersebut.

References

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9 ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, E., Sudarso, A., Purba, B., Sisca, D. L., Simarmata, H. M. P., Permadi, L. A., & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Yayasan Kita Menulis.
Indra, I. B. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Feri Pelaminan. Jurnal Administrasi Nusantara, 2(2), 1-19.
Nambiar, B. K., Ramanathan, H. N., Rana, S., & Prashar, S. (2018). Perceived service quality and customer satisfaction: A missing link in Indian banking sector. Vision, 23(1), 44-55.
Prayag, G., Hassibi, S., & Nunkoo, R. (2019). A systematic review of consumer satisfaction studies in hospitality journals: Conceptual development, research approaches and future prospects. Journal of Hospitality Marketing & Management, 28(1), 51-80.
Putra, I. P. K., Hudayah, S., & Achmad, G. N. (2020). The Effect of Customer Value and Customer Trust on Satisfaction and Customer Loyalty PT Samator Gas Industri Samarinda Seberang. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(02).
Ratnasari, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Salon Cantik). Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(1), 3-26.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Prinsip Penerapan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service Quality & Satisfaction, edisi ke-4. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tran, V. D., & Le, N. M. T. (2020). Impact of service quality and perceived value on customer satisfaction and behavioral intentions: Evidence from convenience stores in Vietnam. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 517-526.
Wijanarko, K. S. (2014). Pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas menggunakan smartphone samsung galaxy series di kota palu. Katalogis, 2(7).
Yulisetiarini, D., Indraningrat, K., & Hijriah, H. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Layanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Penumpang Kereta Api Sri Tanjung Jember Yogyakarta PT. KAI DAOP IX Jember. UNEJ e-Proceeding.
Published
2022-07-20
How to Cite
Sarifuddin. T, Cahyaning Raheni, Setiawan Mandala Putra, & Ni Nyoman Lilik. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Makeup : The Influence of Customer Value and Service Quality on Customers Satisfaction in Makeup Services. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 272-277. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2614
Section
Articles