Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang

Brand Image And Price In Influencing The Decision To Buy Ventela Shoes In Magelang

  • Galuh Tiyasherlinda Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia.
  • Andhatu Achsa Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia.
  • Yacobo P. Sijabat Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia.
Keywords: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian, Sepatu Ventela

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan industri alas kaki di Indonesia mengakibatkan persaingan antar produsen alas kaki menjadi semakin ketat baik produksi alas kaki lokal maupun luar negeri. Sehingga produsen sepatu harus mampu melakukan inovasi untuk bersaing dengan produsen sejenis. Maksud dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela di Magelang. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang digunakan berupa hasil kuesioner dan wawancara, sedangkan data sekunder yang digunakan berupa studi literatur. Sampel penelitian berjumlah 100 sampel dengan teknik sampel purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Arjuna, H., & Ilmi, S. (2019). Effect Of Brand Image, Price And Quality Of The Product On The Smartphone Purchase Decision. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 294–305. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.14421/Ekbis.2019.3.2.1190 294

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manaje men Pemasaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai - Gerai seluler Di IT Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20997

Farikhin, M., & Eddy, P. R. (2019). Jurnal Bisnis dan Ekonomi Performa Kualitas Produk , Citra Merek dan Persepsi Harga dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Mobil Honda Brio Satya di Kota Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2), 138–145.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). 203.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Semarang: Universitas Diponegoro.

Halim, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Promosi Sebagai Variabel Intervening Pada Kosakata Apparel. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 15(1). Retrieved from www.idx.co.id

Handayani, I. (2021). Transaksi Produk Sepatu Lokal Meningkat Double Selama Pandemi. Investor.Id. Retrieved from https://investor.id/business/transaksi-produk-sepatu-lokal-meningkat-double-selama-pandemi

Hayati, M. N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga,Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Puspa Indah Cosmetic Magelang.

Help. (2020). Pabrik Sepatu di Kabupaten Bandung yang Produknya Pernah Digunakan Jokowi Ini Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from Notif.id website: https://notif.id/2020/15684/news/ekonomi/pabrik-sepatu-di-kabupaten-bandung-yang-produknya-pernah-digunakan-jokowi-ini-tetap-bertahan-di-tengah-pandemi-covid-19/

Help. (2021). Retrieved from Ventela.com website: https://www.ventela.com/

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Kemenperin. (2019). Produksi Industri Alas Kaki RI Pijak Posisi 4 Dunia. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/20538/Produksi-Industri-Alas-Kaki-RI-Pijak-Posisi-4-Dunia

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12 (A. B. B. Sabran, Ed.). Jakarta: Erlangga.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Moderenisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 7(2). https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431

Nanda, N. N. (2019). The Influence of E-Commerce, Product Prices and Product Design on Purchasing Decisions in Souvenir Shop Tauko Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences, 2(3), 388–395. https://doi.org/10.33258/birci.v2i3.439

Ngantung, D. (2020). Pelanggaran Merek Dagang, Foto Sneakers Lokal Mirip Vans Dihapus Instagram. Retrieved April 28, 2020, from Detik.com website: https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-4994365/pelanggaran-merek-dagang-foto-sneakers-lokal-mirip-vans-dihapus-instagram

Novansa, H., & Ali, H. (2017). Purchase Decision Model: Analysis of Brand Image, Brand Awareness and Price (Case Study SMECO Indonesia SME products). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences, 2(8), 621–632. https://doi.org/10.21276/sjhss

Nugrah, M. Y. D., & Arwiyah, M. Y. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Wormhole Store Bandung the Influence of Brand Image and Price on the Cunsomer ’ S. 7(2), 6223–6240.

Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11.

Rizan, M., Nauli, M. O., & Mukhtar, S. (2017). the Influence of Brand Image, Price, Product Quality and Perceive Risk on Purchase Decision Transformer Product Pt. Schneider Indonesia. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 8(1), 101–119. https://doi.org/10.21009/jrmsi.008.1.06

Saputro, D. A. W. (2020). Pengaruh Citra Merek, Selebrity Endorser, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah (Studi Kasus Konsumen Wardah Kab. Ponorogo).

Supriyadi, Wiyani, W., & Indra, G. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1).

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan promosi terhadap proses Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol.26(2), 146–154.

Tamara, S., Alie, J., & Wadud, M. (2021). The Effects of Brand Image and Price on Purchase Decision of Vivo Smartphones in Pampangan District. International Journal of Marketing & Human Resource Research, 2(1), 2746–4040.

Tri, R. (2019). Wow, Produksi Industri Sepatu Nasional Sampai 1,4 Miliar Pasang. Tempo.Co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1193226/wow-produksi-industri-sepatu-nasional-sampai-14-miliar-pasang

Wicaksono, D. A., Sumarsono, H., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Batik Mukti. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 81. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.242

Published
2022-07-20
How to Cite
Galuh Tiyasherlinda, Andhatu Achsa, & Yacobo P. Sijabat. (2022). Citra Merek Dan Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Magelang : Brand Image And Price In Influencing The Decision To Buy Ventela Shoes In Magelang. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 306-314. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2511
Section
Articles