Pengaruh Brand Ambassador Non-Celebrity Terhadap Minat Beli Dimediasi Oleh Promosi Di Instagram (Studi Kasus Pada TMDASH.ID Di Kota Ternate)

The Effect of Non-Celebrity Brand Ambassador Toward Purchase Intention Mediated By Promotion On Instagram (Case Study on TMDASH.ID in Ternate City)

  • Subhan Subhan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia.
  • Dian Ekawaty Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia.
  • Djohan Fahri Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia.
Keywords: Brand Ambassador Non-Celebrity, Promosi, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand ambasador non-celebrity terhadap minat beli yang dimediasi oleh promosi online melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan menggunakan metode survei dalam pengumpulan data. Populasi penelitian adalah konsumen TMDASH yang berlokasi di kota ternate dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Setelah melakukan analisis terhadap data, diketahui bahwa brand variabel brand ambassador non-celebrity berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel promosi dengan nilai t-hitung sebesar 5,646 lebih besar dari t-tabel 1,984 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05.  Variabel brand ambassador non-celebrity berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli dengan nilai t-hitung sebesar 4,133 lebih besar dari t-tabel 1,984 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli dengan nilai t-hitung sebesar 7,047 lebih besar dari t-tabel 1,984 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Sedangkan variabel promosi mampu memediasi pengaruh variabel brand ambassador non-celebrity terhadap minat beli. Hal ini dibuktikan oleh nilai uji Sobel sebesar 4.3860 lebih besar dari nilai t tabel 1.66.

References

Chinomona, R., & Sandada, M. (2013). Customer satisfaction, trust and loyalty as predictors of customer intention to re-purchase South African retailing industry. Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(14), 437-437.

Doucett, E. (2008). Creating your library brand: communicating your relevance and value to your patrons. American Library Association.

Fahrevi, S. R., & Satrio, B. (2018). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id, Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 7, No(3), 1–15.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok taya. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(03).

Imelda, R., & Martini, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Followers Wardah Kosmetik. eProceedings of Management, 6(1).

Informatika, K. K. dan. (2020). Dirjen PPI: Survei Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital. https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker

Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management: Pearson Prentice Hall.

Mulyandi, M. R., & Sani, E. P. (2020). Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). IKRA-ITH EKONOMIKA, 3(1), 41-49.

Ningrum, N. S. (2016). Pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen MD Clinic by Lazeta. Bisnis dan Iptek, 9(2), 141-152.

Ningrum, N. S. (2016). Pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen MD Clinic by Lazeta. Bisnis dan Iptek, 9(2), 141-152.

Nisa, B. N., & Herieningsih, S. W. (2019). Hubungan Terpaan Iklan dan Kredibilitas Brand Ambassador Dengan Minat Beli Produk Vivo Smartphone. Interaksi Online, 8(1), 26-37.

Perdana, A. Z. A. (2010). Penerapan bauran promosi dalam meningkatkan jumlah nasabah pada Asuransi Bumi Putra Syariah Surakarta.

Sandra, S., & Setyabudi, D. (2020). Hubungan terpaan iklan di televisi dan kapabilitas brand ambassador dengan minat beli pada produk Mie Sedaap. Interaksi Online, 8(3), 1-9.

Sari, I., Idris, M., & Saripuddin, D. (2020). Pengaruh Akun Bisnis Media Sosial Instagram, Word Of Mouth dan Inovasi produk terhadap Keputusan Pembelian Kue Ulang tahun Homemade di Kota Makassar. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, 9(1), 105-122.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik. Branding Strategy, Customer Statisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-marketing, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wijayanti, S. (2020). Pengaruh Iklan Melalui Selebgram Endorse dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Implora (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Yulianti, Y. (2019). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Online Shop Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Miandsha Shop, Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Published
2022-07-20
How to Cite
Subhan, S., Dian Ekawaty, & Fahri, D. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Non-Celebrity Terhadap Minat Beli Dimediasi Oleh Promosi Di Instagram (Studi Kasus Pada TMDASH.ID Di Kota Ternate): The Effect of Non-Celebrity Brand Ambassador Toward Purchase Intention Mediated By Promotion On Instagram (Case Study on TMDASH.ID in Ternate City). Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 198-208. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2467
Section
Articles