Strategi Komunikasi Internal Biro K3L Dalam Meningkatkan Budaya Keselamatan Kerja Di Pt PLN (Persero) UIP Sumbagut

Internal Communication Strategy of the Occupational Health and Safety Bureau in Improving Occupational Safety Culture at PT PLN (Persero) UIP Sumbagut

  • Almi Apriyansyah Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Irwan Syari Tanjung Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Siti Hajar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Strategi Komunikasi, Budaya Keselamatan Kerja

Abstract

Komunikasi efektif merupakan kunci sukses dalam mencapai tujuan organisasi, terutama dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja. Biro K3L adalah departemen khusus yang bertanggung jawab atas pelaksanaan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L) di perusahaan. Program K3L ini mencakup aturan, prosedur, dan sistem yang dirancang untuk melindungi pekerja serta lingkungan dari berbagai risiko. 

Permasalahannya bahwa Tingkat kesadaran, partisipasi dan pengetahuan para karyawan PT PLN (Persero) UIP Sumbagut tidak sepenuhnya memahami akan pentingnya budaya keselamatan kerja. Budaya K3L sendiri mencerminkan nilai dan norma keselamatan kerja yang dianut oleh sebagian besar anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi internal Biro K3L dalam meningkatkan budaya keselamatan kerja di PT PLN (Persero) UIP Sumbagut. 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan Model Komunikasi Lasswell untuk memahami efektivitas penyampaian pesan keselamatan kerja. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biro K3L memanfaatkan berbagai media komunikasi seperti Instagram, WhatsApp, poster, banner, dan email untuk menyebarkan informasi keselamatan kerja kepada karyawan. Kombinasi saluran komunikasi yang bervariasi serta dukungan aktif dari manajemen terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap budaya keselamatan kerja.

             

References

Ade, P. (2017). Strategi Komunikasi Divisi Safety Dalam Meningkatkan Kesadaran
Kesalamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) di PT. Meranti Nusa Bahari Balikpapan. Strategi Komunikasi Divisi Safety Dalam Meningkatkan Kesadaran Keselamatan, Kesehatan Kerja Dan Lingkungan (K3L) Di PT. Meranti Nusa Bahari Balikpapan, 5(1), 74–85.

Asir dkk. (2022). Analysis Of The Role Of Internal Communication And Leadership Behavior On Work Effectiveness Analisis Peran Komunikasi Internal Dan Perilaku Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kerja. Management Studies and
Entrepreneurship Journal, 3(5), 2771–2779.

Cucu Nasution dan Said Harahap. (2024). Strategi Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah Dalam Mencegah Tawuran Antar Pelajar Menengah Keguruan Al- Washliyah 4 Medan. Jurnal Psikotes, 1(1), 19–24. https://doi.org/10.59548/ps.v1i1.116

Daruhadi dan Sopiati. (2024). Metode Pengumpulan Data Penelitian. Metode Pengumpulan Data Penelitian, 3(5), 5423–5443.

Dianita dan Wildan. (2019). Implementasi strategi komunikasi dalam menyampaikan. 08(02), 55–66.

Ginting, R., & Hendra, Yan, J. (2020). Strategi Komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu
Internal. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in
CommunicationStudy,6(1),76–85. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.3617

Isniyunisyafna dan Isfiantie S, D. S. (2020). Strategi Komunikasi Internal Dalam
Menumbuhkan Loyalitas Karyawan Pt Prudential Life Assurance (Studi Deskriptif
Pada Pru Eternity Kota Cilegon). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian
Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 40–52. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.581

Kuswandini. (2019). Bab 1 pendahuluan. Pelayanan Kesehatan, 2016(2014), 1–6. Malika dan
Teguh. (2024). Strategi Komunikasi Internal Dalam Meningkatkan Program
Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Pekerja Pt Pelindo Terminal Petikemas.Tekmapro,19(2),1–13. https://doi.org/10.33005/tekmapro.v19i2.394

Mudjimu, P. dkk. (2019). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Pt. Pln (Persero) Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah Dan Gorontalo. Jurnal Kesmas, 8(4), 1–7.

Nugroho, A. dkk. (2017). Pelaksanaan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Perusahaan di Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) KesMas Respati, 2, 63–76.
Nurlela, L. dkk. (2024). PENGANTAR KOMUNIKASI (Dasar-dasar Komunikasi yang
Efektif).
Pulungan, N. (2020). Laporan Magang Analisis Penerapan Perilaku Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dalam Penggunaan Apd Pada Pekerja Pabrik Kelapa Sawit Di Pt. Tapian Nadenggan Smlm (Sinarmas Group), Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Universitas Ahmad Dahlan, 3, 103–111.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.
https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rusba, K. (2024). Penerapan Komunikasi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Pekerja Di Pt. Mnb Kota Balikpapan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(0), 1–23.

Sandra, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT Sumber Sawit Sejahtera Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan.
11–34.

Sukoco dan Puariesthaufani N, A. (2023). Efektifitas Aplikasi Inspekta Dalam Peningkatan Budaya K3 Di Pln Ulp Kisaran. J-Com (Journal of Computer), 3(3), 221–228.
https://doi.org/10.33330/j-com.v3i3.2900

Sulistyo dkk. (2024). Penyuluhan Penerapan untuk Peningkatan Budaya K3 di Tempat Kerja di PT. XYZ, Karang Ampel, Indramayu. Jurnal Abdimas Mutiara, 5(1), 28–42.

Sulistyo P, B. (2020). Strategi Komunikasi dalam membentuk Budaya Keselamatan kerja melalui Implementasi Observasi PEKA (Pengamatan Keselamatan Kerja) di PT. X.
Jurnal Kajian Ilmiah, 20(1), 1–12. https://doi.org/10.31599/jki.v20i1.66

Tenerman dan E.Yenni. (2022). Strategi Komunikasi Kepala Desa Dalam Mengembangkan Wisata Sawah di Desa Pematang Johar Communication Strategy Village Head In Develoving Rice Field Tourism In The Pematang Johar Village. Jurnal Sinar Manajemen, 09(November), 489–495.

Tri Utama. (2022). Pola Komunikasi HSE (HEALTH SAFETY ENVIRONMENT) dalam Mensosialisasikan Program K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) Proyek Tanggul Banjir Serang PT. PP (Persero) Tbk. – AMARTA KARYA, KSO (KERJASAMA OPERASI). 9, 356–363.
Waruwu, M. (2022). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Wpt, Ari Anggarani dan Nurhasanah, N. (2020). Pengaruh K3 , Kompetensi Karyawan terhadap Produktivitas Karyawan Melalui Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus pada PLN UP3 Cempaka Putih ). 1–43.
Zebua dkk. (2022). Pengaruh Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada Pt. Pln (Persero) Up3 Nias. Jurnal EMBA, 10(4), 1417–1435.
Published
2025-11-29
Section
Article

Most read articles by the same author(s)