Analisis Kualitas Pelayanan Penerbitan E-KTP melalui Aplikasi LAKSE pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam

Analysis of Quality of Service for Issuing E-KTP through the LAKSE Application at the Batam City Population and Civil Registration Service

  • Muhammad Trisman Taufik Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Terbuka, Jakarta, Indonesia
  • Siti Hajar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords: Kualitas Pelayanan, e-KTP, Standar Pelayanan, Aplikasi LAKSE

Abstract

Pelaksanaan penerbitan e-KTP di Kota Batam sudah dinilai baik; namun demikian, proses pelayanan publik telah berubah akibat adanya wabah covid-19. Penyesuaian proses yang diikuti oleh pelayanan publik tersebut di atas pasti akan berdampak negatif pada kualitas layanan yang disediakan oleh sektor publik sehingga penting adanya standar layanan yang ditingkatkan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pkualitas pelayanan penerbitan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam yang berpotensi untuk ditingkatkan guna memberikan standar layanan pelanggan yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sebuah kuesioner mail-out digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian ini, dan seratus orang mengisi kuesioner. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa setiap komponen yang dievaluasi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan memang memiliki pengaruh tersebut; namun demikian, yang paling berdampak pada kualitas layanan adalah pengaruh warga negara, keadilan, dan perawatan yang disesuaikan. Sedangkan Disdukcapil Kuningan akan lebih berhasil jika mampu menyikapi masyarakat setempat dengan baik dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang telah dibahas sebelumnya.

 

References

A Ariadi dan D. Budiarso (2021). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Era Digital di Kabupaten Gresik. Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 190-203.
D. Yulianti dan H. Mulyono (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 10(2), 89-96.
M. L. Tondas, Y. N. Nugroho, dan W. S. Pangestu (2017). Implementasi Teknologi Informasi pada Pelayanan Administrasi Kependudukan: Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(2), 93-101.
M. R. Fauzi, A. Rahardjo, dan Y. Kristianingrum (2019). Analisis Penerapan Teknologi Informasi pada Pelayanan Administrasi Kependudukan: Studi Kasus Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 5(1), 11-20.
Ma'ruf, M. S. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi. Gava Media
N. Nurdiana dan D. Sumaryono (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Penerbitan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus. Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Lokal, 12(1), 33-45.
Nugroho, R. A., & Susilo, H. (2018). Manajemen Pelayanan Publik. PT Elex Media Komputindo.
Purwanto, E. (2018). E-Government: Konsep, Teori, dan Implementasi. PT Elex Media Komputindo
R. P. Hapsari dan S. P. Astuti (2019). Evaluasi Kualitas Pelayanan Penerbitan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(2), 136-146.
Rachmawati, A. (2020). Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi. Deepublish
S. J. Pratama, S. Setiawan, dan B. R. Utomo (2019). Peningkatan Pelayanan Publik melalui Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Administrasi Publik, 9(2), 57-68.
Smith, D., Devanka, M., Rizzo, P., & Pollina, A. V. (2022). Evaluating the Effectiveness of LAKSE Application in Enhancing e-KTP Services: A Case Study of Batam City Civil Registration Office. Journal of Personalized Medicine, 12(2).
Y. R. Mutiara, A. Sukmawati, dan Y. Asmarantaka (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Penerbitan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 11(1), 71-82.
Yudono, J. (2018). Pelayanan Publik Berbasis E-Government. CV. Budi Utama
Published
2023-05-25
Section
Artikel Penelitian