Pengembangan Reputasi Perusahaan Berbasis Konten pada Akun Instagram @PTPN4_Regional
Content-Based Corporate Reputation Development on the @PTPN4_Regional Instagram Account
Abstract
Penggunaan media sosial dapat memberikan manfaat positif, namun juga menimbulkan berbagai tantangan dan resiko, contoh media sosial yang popular saat ini baik secara personal maupun organisasi adalah Instagram. Tujuan utama Instagram khususnya bagi perusahaan yaitu membangun citra atau reputasi produk atau layanan suatu perusahaan. Salah satunya yaitu PTPN IV Regional 2 dengan akun Instagram @ptpn4_regional2 yang memanfaatkan Instagram untuk menyampaikan setiap informasi terkait kegiatan mereka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis makna dan elemen yang ada pada konten di Instagram @ptpn4_regional2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes yang terdiri dari denotasi, konotasi, dan mitos dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari sejumlah unggahan konten dengan makna dan penggunaan elemen tertentu. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa konten yang ada pada akun @ptpn4_regional2 memiliki visual dan makna yang menarik. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasi bahwa konten yang ada pada akun @ptpn4_regional2 cukup efektif sebagai upaya pengembangan reputasi perusahaan.
References
Responsibility (Csr) Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan.
EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(3).
https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i3.4644
Aldila Safitri, A., Rahmadhany, A., & Irwansyah, I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180
Antika, T. R., Ningsih, N., & Sastika, I. (2020). Analisis Makna Denotasi, Konotasi, Mitos Pada Lagu “Lathi” Karya Weird Genius.
Dian Rahmawati, C., Busri, H., & Badrih, M. (2024). Makna Denotasi dan Konotasi Meme Dalam Media Sosial Twitter: Kajian Semiotika Roland Barthes. In Bahasa dan Sastra (Vol. 10, Issue 2). Pendidikan. https://e- journal.my.id/onoma
Lubis, A. R. H., & Hidayat, R. (2023). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Citra Merek. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1213–1219. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3210
Lubis, N., Octapianus Nainggolan, M., Bisnis, M., Niaga, A., Negeri Medan Administrasi Bisnis, P., & Negeri Medan, P. (2024). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Perkebunan Nusantara Iv Regional Ii Medan.
Halawa, Z., & Islami, L. (2021). Strategi Public Relations Pt. Indofood Sukses Makmur Tbk. Divisi Bogasari Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Melalui
Instagram. https://binus.ac.id/malang/2018/07/cyber-public-
Hidayati, W. (2021). Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Film Dua Garis Biru Karya Sutradara Gina S. Noer.
Maysarah, J., Hutasuhut, J., Lubis, A. S., & Falahi, A. (2024). Pengaruh Karakterisitik
Individu, Motivasi Berprestasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan
Regional II PT. Perkebunan Nusantara IV. JURNAL MUTIARA
MANAJEMEN, 9(1), 34–
48.https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5098
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina, Ed.). CV. Harfa Creative.
Octamadian, L. S., Sari, S., & Yanto. (2024). Fenomena Flexing Seleb Tiktok Adeline Margaret Sebagai Komunikasi Simbolik. Professional Jurnal Komunikasi & Administrasi Publik, 11(2), 467–476.
Prasetya, W. (2021). Analisis Hubungan Budaya Perusahaan, Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan. Jurnal Metris, 37–48.
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. PERSEPSI: Communication Journal, 3(31), 23–36.
https://doi.org/10.30596/persepsi.v%vihttps://ginaluttrellphd.com,
Sugiono. (2014). Metode Penellitian Kuantitatif,Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Tanjung, H., Syari Tanjung, I., Astuti, R., Program, ), Manajemen, S., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2024). Strategi Komunikasi dalam Pemasaran Pariwisata Berbasis Digital Tourism di Kabupaten Tapanuli Tengah Digital Tourism- Based Tourism
Marketing Model in Central Tapanuli Regency. 700–707. https://doi.org/10.31289/perspektif.v13i3.11656
Utami, N. F., & Yuliati, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Informasi. Bandung Conference Series: Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcspr.v2i2.3334