Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen Membeli Mobil Merek Hyundai pada Pt. Sinar Galesong Pratama Kota Palu

Influence of Brand Image and Product Quality on Consumer Purchasing Decisions Hyundai Brand Car at Pt. Ray Galesong Pratama Palu City

  • Asifa Oktaviani Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido, AZLAM Panca Bhakti Palu
  • Nur Hilal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido, AZLAM Panca Bhakti Palu
  • Rizal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Aziz Lamadjido, AZLAM Panca Bhakti Palu
Keywords: Barnd Image, Kualitas Produk, Keputusan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel barnd image dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen secara simultan maupun secara parsial. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda.  Hasil analisis menunjukkan kualitas brand image dan kualitas produk mampu meningkatkan keputusn konsumen membeli Mobil Merek Hiyundai pada PT. Sinar Galesong Pratama Kota Palu dengan baik. Analisis menghasilkan persamaan Y = 12,480 + 0,471 X1 + 0,554 X2 yang berarti bila barnd image dan kualitas produk tidak berubah maka keputusan konsumen tetap. Bila barnd image meningkat 100% maka keputusan konsumen 47,1%. Sedangkan bila kualitas produk meningkat 100% maka keputusan konsumen meningkat 55,4%. Adapun koefisien korelasi serempak (Multiple R) = 0,575 berarti barnd image dan kualitas produk memiliki hubungan positif yang sedang dengan keputusan. Selanjutnya koefisien determinasi Adjusted R Square 0,403 berarti barnd image dan kualitas produk mempengaruhi 40,3% keputusan konsumen, dan sisanya (59,7%) dipengaruhi variabel yang tidak diteliti. Uji F menghasilkan Fhiung (7,402) > Ftabel (3,30) berarti barnd image dan kualitas produk secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen.  

References

Fauzi, R. U. A., kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P.,& Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2021, 2.1:21-30.

Kotler, Philip dan Gerry Amstrong. (2014): Principle Of Marketing, 15th edition, New Jersey:Pearson Pretice Hall.USA

Labaso,S. (2018). Penerapan Marketing Mix Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. “MANAGERIA: Jurnal manajemen Pendidikan Islam 3.2 (2018):289-

Paramita, M., & Zulkarnain, M. I. (2018). Peran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Permodalan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 2018, 4.1.

Sofiana, S. (2021). Strategi Pemasaran Catering Dapur Titto Melalui Facebook dan Instragram (Doctoral dissertation, STKIP PGRI BANGKALAN).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2024-03-16
Section
Artikel Penelitian