Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Shopee Di Kota Palu

The Influence of Service Quality, Information Quality, and Ease of Use on Consumer Purchasing Decisions Through the Shopee Application in Palu City

  • Elsi Ani Sarah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Aziz Lamadjido Panca Bhakti Palu Jl. Dr. Soeharso No. 36 A, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Telp: (0451) 421303
  • Nur Hilal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Aziz Lamadjido Panca Bhakti Palu Jl. Dr. Soeharso No. 36 A, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Telp: (0451) 421303
  • M. Risal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Abdul Aziz Lamadjido Panca Bhakti Palu Jl. Dr. Soeharso No. 36 A, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Telp: (0451) 421303
Keywords: Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui aplikasi shopee di Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dan asosiatif kausal. Populasi didalam penelitian ini yaitu pengguna shopee di Kota Palu. Teknik penarikan sampel menggunakan Teknik accidental sampling dengan jumlah 40 responden yang merujuk pada teori roscue, dengan ketentuan pengambilan sampel yaitu sampel merupakan pengguna aplikasi shopee yang berada di kota Palu dan berusia 17 tahun keatas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, kualitas informasi, dan kemudahan penggunaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Selanjutnya kualitas layanan, kualitas informasi, dan kemudahan penggunaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

References

Aina, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Hafiz Resto Di Siak Sri Indrapura (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Badan Pusat Statistik Kota Palu. (2022). Provinsi Sulawesi Tengah Dalam Angka 2022. Palu: BPS Provinsi Sulawesi Tengah.

Iswara, Danu. 2016. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram di Kota Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Jogiyanto 2019. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi.

Maulana, T. M., & Nasir, N. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian secara Online Dimediasi oleh Kepercayaan Konsumen pada Pengguna Aplikasi E-Commerce di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 6(2), 368-384.

Rabiana, R., & Akib, B. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee (Studi Kasus: Pengguna Aplikasi Shopee). El-Iqtishod: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 16-33.

Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87-96.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, F. (2003). Understanding Consumer Behaivor in a Service Context. Internal Discussion Paper.

Tjiptono, Fandy, 2012. Brand Management & Strategi, Andi, Yogyakarta.

Yudiyono, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).

Dirwan, Dirwan, Rajindra Rajindra, Farid Farid, Henni Mande, Nursiah Nursiah, and Ali Supriadi. 2024. “The Influence of Organizational Culture, Organizational Commitment, on Motivation and Job Satisfaction of Employees and Lecturers at Muhammadiyah University of Palu.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 6(3): 904–18.

Rajindra, Rajindra. 2024. “Unleashing Synergies: Interplay between Human Resource Management, Strategic Marketing, and Corporate Financial Performance.” Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi 7(1): 210–47.

Published
2024-08-30
Section
Artikel Penelitian