Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Dana Dan Gaya Hidup Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP-K Di Universitas Azlam
The Influence of Financial Management Skills and Lifestyle on the Learning Motivation of KIP-K Scholarship Recipients at Azlam University
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemampuan pengelolaan dana dan gaya hidup terhadap motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa KIP-K. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 62 mahasiswa penerima beasiswa KIP-K di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Abdul Azis Lamadjido. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengelolaan dana dan gaya hidup secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar. Secara parsial, kemampuan pengelolaan dana berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 dan t-hitung 2,722 > t-tabel 2,001. Begitu pula dengan gaya hidup yang berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan t-hitung 3,270 > t-tabel. Secara simultan, kedua variabel tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar dengan nilai F-hitung sebesar 30,920 > F-tabel 3,15 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa kemampuan pengelolaan dana dan gaya hidup memberikan kontribusi sebesar 51,2% terhadap motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa.
References
Abdurrahman, S. W., & Oktapiani, S. 2020. Pengaruh Literasi Keuangan dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 05(02), 50–55. http://www.jurnal.uts.ac.id
Afandy, C., & Niangsih, F. F. (2020). Literasi Keuangan Dan Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Di Provinsi Bengkulu. The Manager Review, 2(2), 68–98.
Agustin, A. M. (2024). Uang saku sehat, motivasi belajar mahasiswa meningkat? Arsip Artikel, 10(19). Fakultas Psikologi, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Amelia, F., Jarudin, & Husnita, L. (2023). Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Sumatera Barat (UPGRISBA). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 18409-18413.
Amir, L. N. U. (2021). Pengaruh gaya hidup hedonisme terhadap motivasi belajar mahasiswa Bidikmisi angkatan 2017 di FKIP UNS (Skripsi, Universitas Sebelas Maret). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Atis, R., Manoma, S., & Posi, S. H. (2022). Manajemen pengelolaan keuangan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan KIP-Kuliah (Studi kasus mahasiswa program studi Akuntansi Universitas Hein Namotemo). Jurnal TRUST Riset Akuntansi, 10(1).
Ayuni, R., & Oktavia, E. (2022). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Penerima Beasiswa di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 279-284.
Azwar, S. (2000). Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Chen, Haiyang and Ronald P. Volpe. 1998. An Analysis Of Personal Financial Literacy Among College students Financial. Services Review. Vol. 7. No. 2.
Cummins M., Haskel J. H., & Jenkins S. 2009. “Financial Attitudes And Spanding Habits Of University Fresmen”. Journal Of Economics And Economic Education Research. Vol. 10 (1) : pp. 3-6.
Diniyati, A. I., Fadillah, G., Anggina, L., Prasetya, R., Salsabila, S., Morowati, S. E., & Rozak, R. W. A. (2024). Pola pengeluaran penerima beasiswa KIP KULIAH: Prioritas penggunaan dana antara kebutuhan esensial dan gaya hidup. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis dan Digital (JIMaKeBiDi), 1(2), 81-93.
Diyanty, T. W. E. (2024). Pengaruh gaya hidup, literasi keuangan, dan lingkungan sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gobel, I. V., Panigoro, M., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Journal of Economic and Business Education, 1(2).
Hasinah, S. (2022). Pengaruh kemampuan pengelolaan dana terhadap gaya hidup dan motivasi belajar mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di UIN Jakarta (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Islami, S. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pada UMKM toko kelontong di Kota Duri (hal. 25-29). Program Studi Manajemen (S1), Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Islam Riau, Pekanbaru.
Jasmine, S. F. (2023). Pengaruh Beasiswa KIP-K Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Angkatan 2021 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 61-70.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024).
Kharismayanti, S. I. (2017). Pola penggunaan dana dan gaya hidup mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)
Kotler, P dan Keller, L. 2016. Marketing Managemen, 15th Edition. Pearson Education, Inc.
Kusmiati, D., & Kurnianingsih, H. (2022). Perilaku Konsumtif Mahasiswa: Seberapa Besar Peran Financial Literacy, Life Style, E-money, dan Self Control?. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(2), 465274.
Mulyadi, D. R., Subagio, N., & Riyadi, R. (2022). Kemampuan Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 25-32.
Nababan, Darman., dan Sadalia, I. 2012. Analisis Personal Financial literacy dan Financial Behavior Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Jurnal Media Informasi Manajemen. Vol. 1, No. 1.
Otoritas Jasa Keuangan. (n.d.). Literasi Keuangan. Diakses dari https://ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx
Partiwi, P. (2024). Pengaruh Pengelolaan Keuangan Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Penerima KIP (Studi Kasus Mahasiswa D3 Akuntansi & D3 Perpajakan-IMPM). Jurnal Ilmiah GEMA EKONOMI, 14(1April), 2227-2234.
Prasetya, A. (2017). Hobi Sebagai Representasi Gaya Hidup. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83). Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2018). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Sriwijaya. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 203-213.
Setiawan, A. K. (2022). Pengaruh literasi keuangan, pendidikan keuangan dalam keluarga, gaya hidup dan love of money terhadap pengelolaan keuangan pribadi pada siswa SMA Frater Don Bosco Banjarmasin (S1 thesis). Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Sianah, S., Qurochman, A. N., & Artiniwati, A. (2023). Peranan Manajemen Keuangan Personal Dan Kedisiplinan Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal EK&BI, 6(2), 131-137.
Sucihati, F. (2021). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa di kota makassar.
Sugihartati, R. 2010. Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225(87), 48-61.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran (Edisi kedua). Ghalia Indonesia.
Susanto, Angga Sandy. 2013. “Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup)”. Jurnal JIBERKA. Vol. 7 (2): hal. 1-6.
Tambunan, D. (2021). Buku Perilaku Konsumen Final 1. February, 1–128. https://www.researchgate.net/publication/3 58784067
Ujang, Sumarwan. (2004). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT.Ghalia Indonesia.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Virandha, Q. A. A. (2023). Pengaruh beasiswa KIP-K terhadap motivasi dan prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya tahun akademik 2020-2021 (Skripsi, Universitas Sriwijaya). Program Studi Pendidikan Ekonomi.
Wahyudi, A., Sangadji, E. M., & Indarti, N. (2024). Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Dana Dan Gaya Hidup Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Penerima Kip-Kuliah Di Universitas Pgri Wiranegara Pasuruan. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 8(9), 81-90.
Warsono. (2010). Prinsip-prinsip dan praktik keuangan pribadi. Volume 13 Nomor 2 Juli - Desember 2010, 137-143.
Wijaya, R. N. (2023). Pengaruh beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) terhadap motivasi belajar dan gaya hidup serta dampaknya terhadap prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari perspektif ekonomi Islam di UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Proposal Tesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330.