Pengaruh Citra, Harga dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Tradisional Karunia Penyembuh di Kota Palu

The Influence of Image, Price and Quality on Purchasing Decisions of Traditional Medicine Products from Gift of Healers in Palu City

  • Charine Febrilia Wenas Universitas Abdul Azis Lamajido (AZLAM)
  • Nur Hilal Universitas Abdul Azis Lamajido (AZLAM)
  • Nurhadi Universitas Abdul Azis Lamajido (AZLAM)
Keywords: Citra Produk, Harga, Kualitas Produk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh di Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dalam bentuk deskriptif. Jumlah responden penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden, metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitikan ini adalah observasi, wawancara dan kuisioner. Instrument penelitian yang digunakan yaitu skala likert 5 (lima) poin dengan menggunakan uji validitas danreabilitas. Metode analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis (Uji F dan Uji T) dengan bantuan SPSS Statistik Vers 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Citra produk, harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh dngan melihat nilai F_hitung sebesar 15,597 dan nilai F_(tabel ) pada ? = 5% sebesar 2,87 sehingga F_hitung> F_tabel yang berarti Citra Produk, Harga dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh terhadap kualitas pembelian obat tradisional Karunia Penyembuh masyarakat di Kota Palu. 2) Citra produk dan harga secara simultan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh. Sementara kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh. 3) Citra produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t_hitung variabel citra produk sebesar 0,833 dan nilai t_tabel pada ? pada = 5% sebesar 2,028 sehingga t_hitung< t_tabel dan untuk nilai sig.t = 0,410 lebih besar dari ? = 5% (0,410 > 0,05). Maka secara parsial variabel citra produk berpengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh di Kota Palu. 4) Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t_hitung variabel harga produk sebesar 0,541 dan nilai t_tabel pada ? pada = 5% sebesar 2,028 sehingga t_hitung< t_tabel dan untuk nilai sig.t = 0,592 lebih besar dari ? = 5% (0,592 > 0,05). Maka secara parsial variabel harga berpengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh di Kota Palu. 5) Kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai t_hitung variabel kualitas produk sebesar 4,122 dan nilai t_tabel pada ? pada = 5% sebesar 2,028 sehingga t_hitung< t_tabel dan untuk nilai sig.t = 0,000 lebih besar dari ? = 5% (0,000 < 0,05). Maka secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk obat tradisional Karunia Penyembuh di Kota Palu.

References

A Fithoni, D Fitriyani - Citra Ekonomi, 2022

Agoes, A., dan Jacob T, 1996, Antropologi Kesehatan Indonesia, Jilid I, ECG, Jakarta. Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian.

Ariani, D.W. 2003. Manajemen Kualitas Pendekatan Sisi Kualitatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Al-arif, M.Nur Rianto. 2012. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Anggreini, D., & Suwitho, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(10).

D Malhotra (2004) - Organizational Behavior and Human Decision

Departemen Kesehatan RI., 1991, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 659/Menkes/Sk/X/1991 tentang Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Gaspersz, Vincent. 2008. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, imam. 2011. Aplikasi Analisis Multi Variat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit di Universitas Diponegoro.

Kanuk, Michal. 2015. Keputusan pembelian.. (Alih Bahasa Rio, Yulihar, dan Reni). Francis.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen pemasaran (Edisi 12 jilid 2). Benyamin Molan (penerjemah). Marketing Management. PT. Indeks: Jakarta Kottler, P. 1997. Marketing Management. Prentice-Hall Inc.:New Jersey.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Dimensi Promosi. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Armstrong 2017:180. Keputusan Pembelian. Jakarta :Erlangga.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016) . Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Konsumen Indi Home PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Samarinda Kota). Ekonomia, 6(2), 150-157.

Prawirosentono, Suyadi. 2002. Manajemen Operasi, Analisis dan Studi Kasus. Jakarta: Bumi Aksara.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Ramadhan F. Y. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Serta Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen

Rajindra, Burhanuddin, Rasmi Nur Anggaraeni, Nasrulhak Akkas, and Ahmad Yani. 2020. “Effect of Funding Policy and Working Capital on Financial Performance.” Journal of Engineering and Applied Sciences 15(3): 847–50.

———. 2021b. “The Effect of Price Earning Ratio on Market Performance in Banking Companies on the Indonesia Stock Exchange.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(1): 1–10.

Rajindra, Rajindra, Mohamad Andri, and Ahmad Yani. 2020. “Quality of Health Services in the Family Planning Program in Donggala Regency, Indonesia.” Systematic Reviews in Pharmacy 11(11).

Rajindra, Rajindra, and Rasmi Nur Anggraeni. 2019. “Costly Fees, Men’s Participation in Family Planning Declines.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 1(1): 5–8.

Rajindra, Rajindra, Guasmin Guasmin, and Burhanuddin Burhanuddin. 2020. “Financial Performance Analysis of Shares Returns in Cosmetics and Household Purposes Companies (Studies on Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange).” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 2(4): 196–204.

RAJINDRA, Rajindra, Guasmin GUASMIN, Burhanuddin BURHANUDDIN, and Rasmi Nur ANGGRAENI. 2021. “Costs and Operational Revenue, Loan to Deposit Ratio Against Return on Assets: A Case Study in Indonesia.” The Journal of Asian Finance, Economics and Business 8(5): 109–15.

Rajindra, Rajindra, Umar Umar, and Julis Nurpadia. 2022. “Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada CV. Solo Indah Kota Palu.” Jurnal Sinar Manajemen 9(2): 335–41.

Rezki, Rezki, Rajindra Rajindra, and Abdul Rahman. 2022. “Strategi Usaha Mikro Kecil Bertahan Di Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(7): 434–40.

Sangadji Etta Mamang dan Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian. Penerbit Andi. Malang. Priyatno( 2010: 90)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung. Penerbit: CV Alfabeta Imam Ghozali (2006:105)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).

Setyawati, K. E., & Farradia, Y. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 3(4).

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Published
2023-08-28
Section
Artikel Penelitian