IMPLEMENTASI USAHA BELA NEGARA TERHADAP KESADARAN SOSIAL MASYARAKAT DI DESA MODO DALAM TINJAUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Riyal Faraby Thahir Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Colle M. Said Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muh. Rizal Masdul Fakultas Agama Isalam, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

          Pembahasan Skripsi ini berkaitan dengan penelitian tentang Implementasi Usaha Bela Negara Terhadap Kesadaran Sosial Masyarakat Di Desa Modo Dalam Tinjauan Pendidikan Agama Islam. Pokok permasalahan dalam Penulisan Skripsi ini adalah Bagaimana Bentuk-bentuk Usaha Bela Negara terhadap Kesadaran Masyarakat Modo. Bagaimana dampak Usaha Bela Negara terhadap Masyarakat dalam Tinjauan Pendidikan Agama Islam.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara fakta tentang implementasi usaha bela Negara terhadap kesadaran sosial masyarakat dalam tinjauan pendidikan Islam yang ada dikawasan Modo baik dalam lembaga pendidikan umum lebih lebih dalam lembaga pendidikan agama Islam seperti pendidikan madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan sebagai pendekatan penelitian ini yang kemudian dianalisis dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, danverifikasi data. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), implementasi berarti pelaksanaan atau penerapan, sedangkan usaha bela Negara berarti sikap dan prilaku warga Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara. Artinya adalah hasil yang ingin dicapai dari penerapan atau implementasi usaha bela Negara ditinjau dari Pendidikan Agama Islam  adalah agar tumbuh kesadaran dalam kehidupan social masyarakat tentang arti penting dari kehidupan berbangsa dan bernegara dalam kontek bermasyarakat secara umum.    Implementasi atau penerapan usaha bela Negara terhadap kesadaran sosial masyarakat di desa Modo perlu memiliki perencanaan yang matang dan terstruktur dari semua elemen masyarakat di desa Modo baik dari Masyarakatnya, lembaga pendidikan  yang ada dikawasan Modo baik lembaga pendidikan umum ataupun lembaga pendidikan agama, lebih lebih pemerintah desa bersama aparatnya. Pemerintah Desa Modo dalam upaya mengimplementasikan usaha  bela Negara terhadap.

Kesadaran sosial masyarakat  dalam tinjauan  pendidikan agam Islam   berkolaborasi dengan berbagai elemen  lintas sektoral  yang ada diwilayah desa Modo,misalnya   upacara  bendera  setiap hari senin  yang diprogramkan  pemerintah desa Modo untuk  aparat desa  berkolaborasi  dengan  instansi pendidikan  yang ada diwilayah desa Modo dengan membuat  perencanaan kerjasama lintas sektoral. Begitu pula dengan apel gabungan yang dicanangkan setiap triwulan, hal  semacam ini bertujuan untuk  untuk memperkokoh semangat   cinta tanah air.

 

Kata Kunci : Implementasi Usaha Bela Negara, Kesadaran  Sosial Masyarakat Modo, Pendidikan  Agama Islam

References

Astaman A, Kadir S, Masdul MR. Upaya mengatasi kejenuhan belajar (tinjauan pendidikan islam pada SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala). J Kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Azra, Azyumardi.2000. Pendidikan Islam, Tradisi dan Moderenisasi Menuju

Millenium Baru. Jakarta. PT. Logos WacanaIlmu

Al Alyy.2015. AlQur’andanterjemah.edisirevisiDiponegoro

Al-Jarrahy, Al-Ajlunydkk.2015.AT-TA’LIM; Vol. 3,edisirevisi

Ahmadi, H. Abu dan Uhbiyati, Hj. Nur. 2000. Ilmu Pendidikan Islam.

Bandung CV.PustakaSetia

Arifin,HM.1990. Kapita Selekta Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara

Arikunto, Suharismi. 2016. Prosedur Penelitian Ilmiah Suatu Pendekatan

Praktek, Cet. XII Jakarta; RinekaCipta

Berita Buletin Korpri TNI AU 17 Maret 2018

Budiharjo, Miriam. 2001. Demokrasi di Indonesia Demokrasi Parlenter dan

Kajian Demokrasi Panca Sila. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama

Badan Pembinaan dan Pengembangan bahasa Kemendikbud. 2016. Kamus Besar

Bahasa Indonesia BalaiPustakaedisi 5

Departemen Agama RI.2010. Al-Qur’andan Terjemahannya. Surabaya: PT.Tehazed

Dadang,Kahmad,H.2003.SosiologiAgama, Cet.3. Bandung PT. Remaja Rosdakarya

Eka,Anggia. 2016. Kamus inggris –Indonesia bergambar, media inprint.kawan pustaka

Getteng,ABD.Rahman. 2011.Menuju Guru Profesionaldan Ber-etika.Cet.5. Yogyakarta

Hoetomo.2005. KamusLengkapInggris Indonesia. Surabaya MitraPelajar

Kartini, Kartono.1999. TeoriKepribadian. Bandung, Alumni

Koentjaraningrat. 2015. (ed) Metode-MetodePenelitianMasyarakat. Cet. 11. Jakarta: Gramedia

Maleong, LexsyJ. 2015. MetodologiPenelitianKualitatif, PT. Remaja Rosdakarya Bandung

Masdul MR, Marhum AMA. Masa Pranatal sampai Pasca Natal dalam Adat Buol (Tinjauan Pendidikan Islam). IQRA J Ilmu Kependidikan dan Keislam. 2019;14(1):1–8.

Sulasmini S, Normawati N, Masdul MR. Mitos Menaruh Lampu di atas Kuburan Plasenta Bayi di Desa Lakea I Kecamatan Lakea kabupaten Buol Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. J kolaboratif Sains. 2018;1(1).

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Agama Islam

Most read articles by the same author(s)