ANALISIS PENDAPATAN DAN KELAYAKAN USAHA KOPRA DI DESA KALOLA KECAMATAN BAMBALAMOTU KABUPATEN PASANGKAYU PROVINSI SULAWESI BARAT

  • Amiruddin Amiruddin Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Syaifuddin Nasrun Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marliyah Marliyah Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Tanaman kelapa di Indonesia sebagian besar diusahakan sebagai perkebunan rakyat yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peranan penting di Sulawesi Barat adalah tanaman kelapa. Tanaman ini dikenal dengan sebutan pohon kehidupan. Hal ini disebabkan hampir seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Bagian-bagian tanaman yang berguna tersebut adalah batang, daun, sabut, tempurung, daging buah, dan sebagainya. Pendapatan petani kelapa selain bersumber dari usahatani kelapa dalam, juga berasal dari pendapatan usahatani di luar kelapa dalam. Di Desa Kalola merupakan salah satu Desa di Kecamatan Bambalamotu yang rata-rata penduduknya petani. Tanaman perkebunan yang pertama kali diusahakan oleh masyarakat di Desa tersebut adalah kelapa dalam, karakteristik masyarakat yang ada di Desa Kalola rata-rata mengolah kelapanya dengan cara di kopra atau dijual biji. Pengalaman berusaha kopra rata-rata diatas 10 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan kelayakan usaha kopra asap di Desa Kalola Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2019. Pengambilan responden dengan menggunakan metode sensus dimana jumlah populasi sebanyak 15 orang pengusaha kopra asap sehingga seluruhnya diambil sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata jumlah pendapatan yang diperoleh pengusaha kopra asap selama tiga kali produksi sebesar Rp. 2.983.638,7 / tahun. Hasil analisis kelayakan usaha diperoleh  R/C usaha kopra asap  sebesar 1,13 artinya usaha kopra layak untuk diusahakan.

 

Kata kunci : Kopra, Pendapatan dan Kelayakan, Desa Kalola.

References

Abdul Masse, 2015. Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Kopra di Kecamatan Bambaira Kabupaten Mamuju Utara. Fakultas Pertanian (Skripsi). Universitas Tadulako (tidak dipublikasikan).

Adam, Rosidah P., 2009. Manajemen Agribisnis dan Stategi Pengembangan : LP2HKP, Palu.

Adiwilaga, 2008. Ilmu Usahatani. Penerbit Alumni. Bandung.

Amin. 2009. Cocopreneurship. Aneka Peluang Bisnis dari Kelapa. Lily Publisher. Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2019. Statistik Daerah Kecamatan Pasangkayu 2018

Bada Pusat Statistik Kota Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS).2019. Perkembangan Produksi dan Persentase Kopra di Sulawesi Barat(2014-2018). Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat 2019 Pasangkayu

Badan Pusat Statistik (BPS).2019. Produksi dan Persentase Kopra Pada Tahun 2018, Menurut Kecamatan/Kota. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat 2019 Pasangkayu

Badan Pusat Statistik (BPS).2019. Produksi dan Persentase Kopra Pada Tahun 2018, Menurut Kecamatan di Kabupaten Donggala. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat 2019.

Dahlan. S, 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta Salemba Medika.

Darmanto, 2013. Analisis Biaya dan Pendapatan Usaha Tani Kelapa Dalam Di Desa Jatimulya Wonosari. Journl. Uversitas Gajah mada, Yogyakarta.

Fatmawati, 2013. Analisis Pendapatan Usaha Kopra di Desa Karya Bersama Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat. Proposal Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, Palu.

Henry Simamora. 2012. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mubyarto, 2015. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta.

Ni Kadek Sandriani, 2014. Aneka Produk Olahan Kelapa. Cetakan Ke-15 Penebar Swadaya, Jakarta.

Negosino. 2013. Reinventing Agribisnis Perkelapaan Nasional Ditjen Bina Produksi. Jakarta: Erlangga.

Obin R. 2011. Pengeringan Pendinginan, dan Pengemasan Komuditas Pertanian. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Prajnanta, F. 2009. Usaha Kelapa Muda. Jakarta: Swadaya.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Pertanian

Most read articles by the same author(s)