EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT USAHATANI JAGUNG KOMPOSIT DI DESA BOBO KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI

  • Ratni Ratni Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Muis Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marliyah Marliyah Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Mengetahui Pengaruh penggunaan input Luas lahan, Benih, pupuk, pestisida dan Tenaga Kerja terhadap produksi Jagung Komposit Di Desa Bobo Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi.(2). Mengetahui tingkat efisiensi penggunaan input luas lahan, benih, pupuk, dan tenaga keja secara persial berpengaruh terhadap produksi Jagung Komposit di Desa Bobo Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Populasi dalam penelitian ini adalah petani jagung komposit.Efisiensi sebagai upaya penggunaan input yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan produksi yang sebesar-besarnya. Dalam hal ini efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara input(masukan) dan output (hasil antara keuntungan dengan sumber-sumber yang dipergunakan. Efisiensi yang nilai produksi marjinal dengan input disebut efisiensi harga dan ada juga efisensi tekhnis dan efisiensi ekonomi.  Metode pengambilan sample yang digunakan adalah acak sederhana (simple random sampling) sampel 30. Analisis data menggunakan fungsi produksi Cobb-Douglas, efisiensi input produksi, hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen ( luas lahan, jumlah pupuk dan tenaga kerja) berpengaruh sangat nyata positif ( highly significant ) terhadap produksi jagung komposit ( Y ) kecuali variabel jumlah benih berpengaruh sangat nyata negatif, sedangkan untuk variabel jumlah pestisida ( X5 ) tidak berpengaruh nyata terhadap produksi jagung komposit. R/C Ratio 4,36, Rata-rata produksi dan pendapatan usahatani jagung komposit.

Kata Kunci : Efisiensi, Input, Usahatani, Komposit.

References

Antara, 2010 .Efisiensi Penggunaan Input Produksi Usaha Jagung Hibrida di Kecamatan palolo Kabupaten Sigi. Universitas Tadulako.

Aten. M. Nurun dan Rita Nur Suhaeti, 2000. Kelembagaan Konsolidasi Lahan Dalam Prespektif Pengembangan Agribisnis di Jawa Barat. WartaPenelitian dan Pengembangan Pertanian. Vol. 22 Nomor 6 November 2000. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Bogor.

Baswarsiati, 2005.Pengkajian Paket Teknik Budidaya. Penelitian Pengkajian BPTP Karangploso.

Departemen Pertanian, 2005. Pedoman Umum: Peningkatan Produksi dan Produktivitas Padi,Jagung dan Kedelai melalui SL-PTT. Dirjen Tanaman Pangan.

Nirwansyah, 2009. Analisis Efisiensi Penggunaan Input Produksi Jagung. Skripsi Program Study Agrisbisnis.

Rukmana, H. 1997. Usahatani Jagung. Kanisius, Jakarta

Soekartawi, 2002. Prinsip Dasar Pertanian, Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Pertanian