SALURAN PEMASARAN SAPI HASIL PENGGEMUKAN DI KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI PROVINSI SULAWESI TENGAH

  • Indra Indra Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Syaifuddin Nasrun Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Syaiful Bachri Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

       Kondisi peternakan sapi potong saat ini belum menggembirakan. Fenomena ini dapat dilihat dari pertumbuhan populasi ternak sapi potong yang masih rendah yaitu sebesar 5,33%/tahun atau kurang lebih 655.500 ekor/tahun dari populasi 9.867.522 ekor pada tahun 2003 menjadi 14.805.053 ekor pada tahun 2011 (Anonim, 2011). Masyarakat peternakan di Kabupaten Sigi memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai peluang usaha peternakan yang baik untuk ditumbuh kembangkan.  Subsektor peternakan di Kabupaten Sigi dapat dijadikan basis pengembangan usaha rakyat karena subsektor ini cukup menjanjikan sebagai alternatif upaya menciptakan cita-cita pembangunan yang memberdayakan perekonomian rakyat dan menyentuh langsung masyarakat bawah.  Peternakan rakyat merupakan usaha peternakan yang sangat potensial untuk dikembangkan dan memegang peranan yang besar bagi perkembangan populasi ternak sapi potong dan menyumbang pendapatan keluarga yang dominan setelah pertanian tanaman pangan. Permasalahannya adalah bagaimana saluran pemasaran sapi hasil penggemukan di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Penelitian bertujuan  mengetahui bentuk saluran pemasaran sapi hasil penggemukan di Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive), dengan metode penelitian sensus, dan dilaksanakan bulan Juli sampai Agustus 2017.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran  sapi hasil  penggemukan di Kecamatan Sigi Biromaru melalui 3 saluran pemasaran yaitu  ; (1) Saluran I ; peternak   ke  perantara   ke  pengumpul  ke pengecer/pemotong  ke  konsumen, (2) Saluran II  ;  peternak  ke  pengumpul  ke pengecer/pemotong  ke konsumen,  (3) Saluran III; peternak  ke pengecer /pemotong ke konsumen.

 

Kata kunci : Saluran pemasaran, sapi hasil penggemukan.

References

Angipora, 1999. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Anonim. 2011. Rilis hasil awal pspk 2011, Kementerian Pertanian-Badan Pusat Statistik. Available at http://www.Ditjennak. deptan.go.id. Accession date: 27 Juli 2017.

Anonim, 2008. Pengembangan Jagung. Tabloid Sinar Tani. Edisi Mei 2008.

Anonim, 2003. Statistik Peternakan. Direktorat jenderal Peternakan Departemen Pertanian, Jakarta.

Ashari, N. Ilham dan S. Nuryanti. 2012. Dinamika Program Swasembada Daging Sapi: Reorientasi Konsepsi dan Implementa si. Analisis Kebijakan Pertanian, Vol 10 N0 2, Juni 2012.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2013. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2013. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta.

Hernowo, 2006. Prospek Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Potong. Penebar Swadaya Jakarta.

Ilham, N. 2009. Kelangkaan Produksi Daging: Indikasi dan Implikasi Kebijakannya. Analisis Kebijakan Pertanian, Vol 7 N0 1, Juni 2009.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan, 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Mohar, 2005. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Suarda, 2009. Saluran Pemasaran Sapi Potong di Sulawesi Selatan. Jurnal Sains & Teknologi. Vol IX (2), Agustus 2009

Sudarmono, A.S dan Sugeng, Y.B., 2008. Sapi Potong. Penebar Swadaya ; Jakarta.

Sumitra, J., T.A. Kusumastuti dan Rini Widiati, 2013. Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Buletin Peternakan Vol. 37 (1), Februari 2013.

Sunari, A., N. Avianto, M.N. Ritinov. 2010. Naskah Kebijakan: Strategi dan Kebijakan dalam Percepatan Pencapaian Swasembada Daging Sapi 2014. Direktorat Pangan dan Pertanian, BAPPENAS, Jakarta.

Suryana. 2009. Pengembangan Usaha Ternak Sapi Potong Berorientasi Agribisnis dengan Pola Kemitraan. Jurnal Litbang Pertanian, Jakarta.

Widiyaningrum, P. 2005. Motivasi Keikutsertaan Peternak Sapi Potong pada Sistem Kandang Komunal (Studi Kasus di Kabupaten Bantul Yogyakarta). http://www.akademik.unsri.ac.id/download/journal/files/udejournal/priyantini

Yulia, T.S., 2008. Peluang Pengembangan Jagung Untuk Ekspor. Tabloid Sinar Tani, Edisi Agustus 2008.

Yuliati, Z. Fanani dan Budi Hartono, 2014. Analisis Profitabilitas Usaha Penggemukan Sapi Potong (Studi Kasus di Kelompok Ternak “Gunungrejo Makmur II†Desa Gunungrejo Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan).

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Pertanian