ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH DENGAN SISTEM TABELA DI DESA MASARI KECAMATAN PARIGI SELATAN

  • Munifan Munifan Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sri Jumiati Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marliyah Marliyah Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui berapa besar pendapatan usahatani padi sawah dengan menggunakan sistem tanam tabela di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa desa Masari kecamatan Parigi Selatan merupakan salah satu kecamatan yang menerapkan sistem tanam tabela.

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan juni – agustus 2017 di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani padi sawah yang mengggunakan sistem tanam tabela di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan dengan metode sensus dimana didapatkan jumlah populasi dan sampel sebanyak 20 orang petani yang menggunakan sistem tanam tabela. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis kualititatif dan kuantitatif.  Analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui gambaran umum usaha tani padi dan keragaan usahatani padi dengan sistem tabela di daerah penelitian. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan untuk mengetahui mengenai produksi, biaya dan pendapatan petani yang menggunakan sistem tanam tabela. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa penerimaan rata-rata sebesar Rp. 46.830.000,-/ha dengan biaya produksi usahatani sebesar Rp. 14.307.000,-/ha  dengan pendapatan rata-rata sebesar Rp. 32.523.000/ha. Produksi usahatani sistem tabela adalah 7.805 kg/ha.

References

Aak. 2003. Budidaya Tanaman Padi. Yogyakarta, Kanisius, Bogor.

Ahmadi, 2005. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Edisi Revisi V. PT Asdi Mahasatya. Jakarta.

BPS. Prigi Moutong, 2016. Kecamatan Parigi Selatan Dalam Angka.

Daniel, Moehar. 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT Bumi Aksara, Jakarta.

Gilarso,T. 2004. Pengantar ilmu ekonomi bagian makro. Yogyakarta. Kanisius.

Gunawan Sumodiningrat, (2001). Menuju Swasembada Pangan Revolusi Hijau. RBI Jakarta.

Gustiyana, H. 2014. Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian.

Handayani, Dewi Mutia. 2006. Analisis Profitabilitas dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah menurut Luas dan Status Kepemilikan Lahan (Studi Kasus Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Program Studi Ekonomi Pertanian dan Sumberdaya. Fakultas Pertanian, IPB.

Handoko, T. H. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE : Yogyakarta.

Hartono, Rudi. 2000.Analisis Pendapatan Usahatani Markisa dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kasus di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Privinsi Sulawesi Selatan). Skripsi. Departemen Ilmu- Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB. Jakarta. Salemba Empat.

Kusumawardani, R. 2009. Perkembangan Populasi Hama pada Pertanaman Padi Organik Sistem Konvensional dan Sri.(Skripsi) Fakultas Pertanian, IPB. Bogor.

Malik, Harno. 2012. Pengertian Sistem Tanam Tabela. Retrivied from http://harnoblog.blogspot.com/pengertiansistem-tanamtabela.html.

Mubyarto. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi Ketiga, PT. Pustaka LP3ES Indonesia, anggota IKAPI. Jakarta.

Murtidjo, B.A. 2001. Beberapa Pembenihan Ikan Air Tawar, Kanisius. Yogyakarta.

Nugroho, Andreas Priyo. 2001. Analisis pendapatan Usahatani Apel Malang (Studi Kasus: Desa Bumiaji dan Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kotif Batu, Kabupaten Malang, Jatim). Skripsi. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB.

Prasojo, 2004. Usahatani Padi sawah. Kanisius. Yogyakarta.

Riyanto, Sudrajat. 1996. Analisis Pendapatan dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Padi Ladang di Kabupaten Purwakarta. Skripsi. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Sinta, A. 2011. Ilmu Usahatani. UB. Press. Malang.

Soekartawi. 2002. Analisis Usahatani. Universitas Indonesia. Jakarta.

Soekartawi. 2006. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumiati, Iin. 2003. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Petani SLPHT dan non SLPHT di Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian, IPB.

Sumiati, Iin. 2003. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Petani SLPHT dan Non SLPHT di Desa Cisalak, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Skripsi. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. IPB.

Supriadiputra dan Ade Iwan Setiawan. 2000. Mina padi (Budi Daya Ikan Bersama Padi). Penebar Swadaya, Jakarta.

Suratiyah, K. 2009. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Surono, Sulastri. 2001. Perkembangan Produksi dan Kebutuhan Impor Beras Serta Kebijakan Pemerintah Untuk Melindungi Petani. dalam: Bunga Rampai Ekonomi Beras. Tim Pengkajian Perberasan Nasional. A. Suryana, S. Mardianto, dan M. Ikhsan (Eds.). Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Universitas Indonesia (LPEM-UI). Hal.41-58.

Sutanto, R. 2006. Pertanian Organik. Penerbit Kasinius, Yogyakarta.

Umar Husein, 1999. Metode Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Winarso, S. 2005. Kesuburan Tanah: Dasar-Dasar Kesehatan dan Kualitas Tanah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Wulandari, Indah. 2011. Analisis Perbandingan Pendapatan Usahatani Padi Organik dengan padi Anorganik. Skripsi pada Departemen Ekonomi Sumber Daya Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian bogor : tidak diterbitkan.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Pertanian

Most read articles by the same author(s)