ANALISIS PEMASARANBUAH NAGA DI DESA SIDERA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

  • Eka Lestari Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Syaifuddin Nasrun Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Irmawaty Irmawaty

Abstract

Permasalahan yang ada pada pertanian buah naga di Desa Sidera ini adalah kurang luasnya jaringan pemasaran dan tidak stabilnya saluran pemasaran dari beberapa saluran mulai dari petani hingga ketangan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk saluran pemasaran buah nsaga, besarnya margin yang diterima masing-masing saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran buah naga          di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Penelitian dilaksanakan    di Desa Sidera  dengan mengambil responden 29 orang yaitu 15 petani, 4 pedagang pengumpul, 6 pedagang pengecer di Kota Palu dan 4 pedagang  pengecer  di Desa Sidera. Metode analisis yang digunakan adalah rumus : Marjin : NP – NB, Marjin Total MT  =  M1+ M2......Mndan rumus efisiensi : Eps  = (TB/TNP) × 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Ada 2 ( dua ) saluran pemasaran buah naga yang terjadi di Desa Sidera yaitu, Saluran pertama : Petani------Pedagang Pengumpul-------Pedagang Pengecer----- Konsumen dan Saluran Kedua : Petani------Pedagang Pengecer----- Konsumen. Margin yang diperoleh dalam saluran pertama yaitu sebesar Rp. 10.000,-dan margin yang diperoleh dalam saluran kedua yaitu sebesar Rp. 5.000,-/Kg. Dari kedua saluran pemasaran yang ada nilai efisiensi yang diperoleh untuk saluran pemasaran pertama yaitu sebesar 7,9 % dan untuk saluran kedua nilai efisiensi sebesar 6,9 % sehingga saluran yang efisien dari kedua saluran yang ada yaitu saluran kedua.

 

Kata Kunci : Saluran Pemasaran, Marjin, Efisiensi

References

Angipora, M.P, 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. PT. Raja Grofindo Persada, Jakarta.

Abd. Rahim dan Riah Retno Dwi Hastuti. 2007.Ekonomika Pertanian, Pengantar Teori dan Kasus : Penebar Swadaya

Abdullah, ThamrindanTantri, Francis. 2013. ManajemenPemasaran. Jakarta: PT Raja GrafindoPersada

Anindita, R. 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus,Surabaya

Assauri,S,2005. Manajemen Pemasaran .Rajawali Press Jakarta.

Cahyono, J.B. 2009. Sukses Bertanam Buah Naga. Jakarta: Pustaka Mina.

Daniel, M, 2004. Pengantar Ekonomi Pertanian, Bumi Aksara Jakarta.

Idawati, Nurul. 2012. Budidaya Buah Naga Hitam. Yogyakarta : Pustaka Baru.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2 Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Oentoro. 2010. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang Pressindo

Rukmana, R. 2003. Usaha Tani Markisa. Yogyakarta: Kanisius.

Soekartawi. 2006. Analisis Usaha Tani. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sudiyono A, 2004.Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang

Published
2019-09-19
Section
Fakultas Pertanian