ANALISIS TITIK PULANG POKOK (Break Even Point) USAHA KOPI TORAYAKU PADA IKM RAJA BAWANG DI KOTA PALU

  • Nega Jarwati Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Patta Dua Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Marliyah Marliyah Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Kopi torayaku merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh IKM Raja Bawang yang dijadikan ole-ole khas Kota Palu. Kopi torayaku memiliki kualitas yang tahan lama serta aroma dan rasa yang khas, sehingga banyak konsumen yang mengkonsumsi dan menjadikan kopi torayaku sebagai ole-ole baik di Kota Palu maupun diluar Kota Palu. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui titik pulang pokok (Break Even Point) dari usaha kopi torayaku pada IKM Raja Bawang di Kota Palu.                       

Penelitian dilaksanakan di IKM Raja Bawang bertempat di Jalan Abdul Rahman Saleh Kelurahan Birobuli Utara Kecamatan Palu Selatan Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan April  sampai Mei 2018. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik IKM Raja Bawang dan dua karyawan bagian produksi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Titik Pulang Pokok (Break Even Point).

Berdasarkan Hasil Penelitian, analisis data dan pembahasan maka diambil kesimpulan sebagai berikut : Titik pulang pokok untuk produk kopi torayaku kemasan 100 gr dicapai pada volume produksi sebanyak 30 kemasan dengan harga jual Rp. 30.000/kemasan maka nilai penjualan pada saat titik pulang pokok sebesar Rp. 900.000/bulan, sedangkan produk kopi torayaku kemasan 200 gr dicapai pada volume produksi sebanyak 14 kemasan dengan harga jual Rp. 50.000/kemasan maka nilai penjualan pada saat titik pulang pokok sebesar Rp. 700.000/bulan.

 

Kata kunci : Kopi Torayaku, BEP (Break Even Point), IKM Raja Bawang

References

Antara, M. 2012. Agribisnis dan Penerapannya dalam Penelitian. Edukasi Mitra Grafika, Palu.

Noor, Nurdin. 2002. Peluang dan Tantangan Pengembangan Industri Kopi Bubuk di Indonesia. Pusat penelitian kopi dan kakao.

Rahardjo, Pudji, 2012. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Penebar Swadaya. Jakarta

Samryn, LM. 2002. Akuntansi Manajerial Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Soekartawi, 2003. Agribisnis Teori dan aplikasi. PT. Raja grafindo persada,jakarta.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Pertanian

Most read articles by the same author(s)