ANALISIS RISIKO AGROINDUSTRI TAHU (Studi Kasus Pabrik Tahu Mitra Di Kota Palu)

  • Nurul Dwi Kusumawati Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Patta Dua Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Irmawaty Irmawaty Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya biaya, keuntungan, penerimaan dan resiko usaha pada industri pabrik tahu Mitra di Kota Palu. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu di Pabrik Tahu Mitra yang berlokasi di Kelurahan Duyu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Penentuan responden sebanyak 3 orang yang terdiri dari pemilik pabrik tahu dan 2 orang staf karyawan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis keuntungan dan resiko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total biaya rata-rata yang dikeluarkan pada periode bulan Mei - Juni 2019 sebesar Rp 137.112.433, penerimaan rata-rata sebesar Rp 198.000.000 dengan keuntungan rata-rata yang diperoleh sebesar Rp 60.887.567. Besarnya koefisien variasi dan batas bawah keuntungan masing-masing sebesar 0,01 dan – 83.585.000, yang mana ini menunjukkan bahwa  Industri Pabrik Tahu Mitra berpeluang untuk rugi.

Kata Kunci : Biaya, Keuntungan, Resiko, Pabrik Tahu Mitra

 

References

Agnes Murdiati dan Amaliah. 2013. Panduan Penyiapan Pangan Sehat. Kencana Prenadamedia Group : Jakarta.

Harihastusti dan Sari. 2011. Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Pada Pemanfaatan Hasil Purifikasi Biogas Memberikan Nilai Tambah Pada Tahu. Jurnal Riset Teknologi Pencegahan, Pecemaran Industri. BBTPI : Semarang

Khanzanani, A dan Nugroho.2011. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-Faktor Produksi Usahatani Cabai Kabupaten Temanggung. Jurnal Ekonomi Pembangunan.

Salim, E. 2012. Kiat Cerdas Wirausaha Aneka Olahan Kedelai. Andi Offset. Jakarta.

Sofjan Assauri. 2008. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Soleh, M. 2013. Perbaikan Mutu dan Ketahanan Pangan Produk Olahan Hasil Industri Kecil. Departemen Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian : Jawa Timur.

Published
2019-09-15
Section
Fakultas Pertanian

Most read articles by the same author(s)