Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Scarlett di Kota Palu

The Influence of Product Innovation and Brand Image on Purchasing Decisions for Scarlett Skincare Products in Palu City

  • Deva Rosa Violita Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Haryanto R. Djatola Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
  • Nurhadi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Abdul Azis Lamadjido Panca Bhakti Palu
Keywords: Inovasi Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk dan brand image secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk skincare Scarlett di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli skincare Scarlett di Kota Palu yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Tehnik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel 120 responden. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dan alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk dan brand image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian produk skincare Scarlett di Kota Palu. Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian produk skincare Scarlett di Kota Palu. Brand image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian produk skincare Scarlett di Kota Palu

References

Alma, B. (2015). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Crawford, C. M., & Di Benedetto, A. A. (2020). Marketing. Salemba Empat.

Durianto, D. (2017). Strategi Menaklukan Pasar. Gramedia Pustaka Utama.

Eksananda, A. A. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 233–243. https://doi.org/10.37849/mici.v3i2.276

Galih Jananuraga, P., & Nina Eka Lestari, N. P. (2020). Iklan, Citra Merek, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(1), 133. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i1.2347

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Hidayatullah, M. F., Wadud, M., & Roswaty, R. (2020). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus di Auto 2000 Veteran Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 19–31. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i2.126

Hilal, N., & Djatola, H. R. (2023). Technical Functional Quality Influence and Image on Student Decisions To Choose Postgraduate Pengaruh Kualitas Fungsional Teknikal Dan Citra Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Pascasarjana. 14(1), 59–61. www.stiepb.ac.id

Ikhsan, R. F., Devi, A., & Kosim, A. M. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Rumah Makan Pecak Hj. Sadiyah Cilodong Depok. In El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.47467/elmal.v3i1.329

Kertajaya, H. (2015). Marketing in Challenging Times: EntrepreneurshipProductivity-Creativity. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Indeks.

Lukas, B. A., & Ferrel, O. . (2017). The Effect of Market Orientation om Product Innovation. Journal of The Academy of Marketing Science, 8(2), 23–247.

Nari, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Al-Iqtishad, 17(2). https://doi.org/10.24014/Jiq.V17i2.10602

Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nurmalina, R. (2015). Pemasaran : Konsep dan Aplikasi.

Rahayu, S. (2021). Pengaruh Inovasi Produk , Brand Image Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Surabaya. Jurnal Ekonesia, 2(3), 1–12.

Ramadhani, R. I., Sudarwati, Hamidah, R. A., & Sulistyowati, A. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK, BRAND IMAGE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus Terhadap Konsumen Scarlett Whitening Surakarta ). Edunomika, 06(01), 515–525.

Rangkuti, F. (2013). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Sadq, Z. ., Othman, B., & Khorseed, R. . (2019). The Impact of Tourism Marketing in Enhancing Competitive Capabilities. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(5), 1–11.

Sanusi, A. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2013). Perilaku Konsumen. Indeks.

Setiadi, J. N. (2013). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana Prenada Media.

Shimp, T. A. (2010). Integrated Marketing Communication in Advertising and Promotion. Cengage Learning.

Sitepu, N. S. (1994). Analisis Jalur (Path Analysis). Jurusan Statistika Universitas Padjadjaran.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) (Revisi). Alfabeta.

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosyada Karya.

Taufiqah, R., & Yogi Sari, O. (2023). Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Lokal Produk Serum Scarlett Whitening. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 336–347. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.248

Widyantini, D., & Soekanda, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Pizza hut Bogor. SULTANIST: Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 153–160. https://www.sultanist.ac.id/index.php/sultanist/article/view/214/0

Yudhistira, V., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Beli dengan Variabel Kepercayaan Sebagai Mediator (Studi Pada Produk Fashion Online di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1237–1243.

Yusuf, A. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1629

Published
2024-02-26
Section
Artikel Penelitian