Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Perawat Pasien Covid-19 pada Rumah Sakit Umum Anutapura Palu

  • Moh. Rifai Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu
  • Andi Mattulada Amir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu
  • Nurhadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Panca Bhakti Palu
Keywords: Beban Kerja, Stres Kerja, Kinerja

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja perawat pasien Covid-19 Pada Rumah Sakit Umum Anutapura Paluâ€. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Adapun metode statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: Nilai koefesien korelasi (Multiper R) adalah sebesar 0,451 yang berarti bahwa tingkat keeratan hubungan beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja Perawat yang menangani pasien Covid-19 RSUD pada RSU Anutapura Palu adalah sedang. Nilai koefesien determinasi pada kolom R Square adalah sebesar 0,204 yang berarti  besarnya pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja Perawat yang menangani pasien Covid-19 RSUD pada RSU Anutapura Palu adalah sebesar 20,4%. Sedangkan sisanya 79,6% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam model regresi penelitian ini.

References

Aida, Sofiyanti, 2020. Profil RS Anutapura Palu tahun 2020: Anutapura, Palu. RSUD.2021. Laporan Pertanggungjawaban Kinerja Rumah Sakit Anutapura Palu untuk Instansi Pemerintah.
Saya Atmaji Luthfan (2011). Pengaruh kepuasan kerja dan tekanan kerja terhadap kinerja perawat (studi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Disertasi dirilis. http://eprints.undip.ac.id. 17th of March, 2022, diakses tanggal.
Bangun. Manajemen Sumber Daya Manusia, Wilson, Erlangga, Jakarta, 2012
Metodologi Penelitian.
Jurnal Keperawatan Dan Teknologi Kesehatan, Volume 1 Nomor 2, Hakman, Suhadi, dan Nani Yuniar. "Pengaruh beban kerja, stres kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja perawat pasien Covid-19." Kendari: Teknologi Kesehatan Dan Asuhan Keperawatan.
-Indonesia. Rumah sakit tercakup dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009 Nomor 153. No. 5072, tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia.
2016 Kaset Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Rajagrafindo Persada di Depok.
Suci R. Mar'ih Koesomowidjojo. 2017. Cara Menyusun Analisis Beban Kerja Secara Praktis. Meraih Kesuksesan Asa di Jakarta.
Penanganan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Indonesia, dalam Jurnal Kesehatan, Vol. 8 No. 3, Desember 2020, hlm. 162-170. Mahayana, Sherida, Fitri. Suryawati, Chriswardani. Jember: Politeknik Negri Jember.
Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Rafika Aditama, 2009. Mangkunegara Prabu Anwar.
Buku teks keperawatan 2011 tentang perawatan prenatal, intranatal, dan bersalin. Manurung, S. Trans Info Media, Jakarta.
Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, oleh B. L. Marquis dan C. J. Huston, Jakarta: Salemba Medika, 2010.
- Menteri Kesehatan. 2020. Keputusan Pendirian Rumah Sakit Rujukan untuk Penanggulangan Beberapa Penyakit Infeksi Emerging Republik Indonesia, Nomor HK.01.07/MENKES/169/2020, diterbitkan pada tahun 2020.
Manajemen Sumber Daya Manusia, Moekijat 2010. Mandar Maju di Bandung.
2008's Industrial and Organizational Psychology oleh Munandar, Ashar Sunyoto University of Indonesia in Jakarta (UI)
Pedoman Penulisan Tesis dan Proposal: Palu: Researchdikti, 2017. Panca, Bhakti
Dewi Rahmawati 2020. Skripsi: Universitas Tadulako, "Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja terhadap Motivasi Kerja Karyawan RS Anutapura Palu."
April Budhianto, Rahmi Maharani. "Dampak Beban Kerja terhadap Stres Kerja dan Kinerja Perawat Rawat Inap." diterbitkan dalam: Journal Of Management Review. Perguruan Tinggi Galuh
Dr., M.BA., M.Pd. Riduan. Pendekatan Modern untuk Menulis Tesis dan Tugas Akhir. Alfabeta, Bandung.
Pengolah Data Statistik SPSS20 di Era Informasi, Santoso Singgih, 2015. Alex Media Komputindo, Jakarta
Sugiono, 2017. Bandung: Alfabeta. Metode Penelitian Administrasi ditambah dengan Metode R&D
Wibowo, Performance Ma nagement, PT G rafindo Persada, Jakarta, 2007.
Published
2023-05-31
Section
Artikel Penelitian