Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kamonji Kecamatan Palu Barat

The Relationship Between Quality of Health Services and Patient Satisfaction at Kamonji Health Center, West Palu District

  • Moh. Rizki Adriansa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Anzar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Mutu Pelayanan, Kesehatan, Kepuasan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Puskesnas Kamonji kecamatan palu barat. Jenis penelitian ini adalah Observasional Analitik dengan pendekatan dengan pendekatan Cross Sactional yaitu penelitian untuk mempelajari kolerasi antara faktor-faktor resiko dengan cara pendekatan atau pengumpulan data sekaligus pada satu saat tertentu saja, dengan wawancara lengsung kepada pasien yang berkunjung sebanyak 96 pasien di puksesmas Kamonji kecamatan Palu Barat. Dalam penelitian ini sampel di ambil dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu sampel yang di dapatkan dengan secara kebetulan atau di jumpai di puskesmas kamonji. Hasil penlitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien, dimensi yang memiliki hubungan dengan kepuasan pasien yaitu kehandalan hasil Uji Chi-square P=0,002 < 0,05, Jaminan hasil Uji Chi-Square P=0,001 < 0,05 dan Bukti Fisik dengan hasil uji Chi-Square P= 0,001 < 0,05.

References

Amin, M. F. (2019). Mutu dalam Perspektif Fegeinbaum dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 1(1), 86-98.
Anggraeni, R. (2019). Mutu Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Deepublish. Anton, A., Napitupulu, M., & Permayasa, N. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Mangasa Kota Makassar.
Astari, R. Y. (2020). Mutu pelayanan kebidanan dan kebijakan kesehatan. Deepublish.
Ekasari, R., Pradana, M. S., Adriansyah, G., Prasnowo, M. A., Rodli, A. F., & Hidayat, K. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 86-93.
Gunawan, I. (2019). Pengaruh daya tanggap dan kinerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat kecamatan metro kibang kabupaten lampung timur. Jurnal Simplex, 2(1).
Hadi, S. (2020). Model pengembangan mutu di lembaga pendidikan. PENSA, 2(3), 321-347.
Harsoyo, R. (2021). Model Pengembangan Mutu Pendidikan (Tinjauan Konsep Mutu Kaoru Ishikawa). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 95-112.
Handayani, S. (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di puskesmas baturetno. Profesi (Profesional Islam): Media Publikasi Penelitian, 14(1), 42-48.
Iffan, M., Santy, R. D., & Radiaswara, R. (2018). Pengaruh Proses Dan Bukti Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Santika Bandung. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 8(2), 127-140.
Insaniah, S. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan menurut Perspektif Deming (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Kau, M. A. (2010). Empati dan perilaku prososial pada anak. Jurnal Inovasi, 7(03).
Lestari, T. R. P. (2020). Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Puskesmas Melalui Pendekatan Manajemen Sumberdaya Manusia Kesehatan. Kajian, 23(3), 157-174.
Larasati, R., Supinardi, B., & Fadhilah, M. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Sleman. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 585-594.
Machmud, R. (2008). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), 186-190.
Malik, S. A. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Mamboro Kecamatan Palu Utara Kota Madya
Palu Propinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023. Jurnal Kolaboratif Sains, 6(6), 552-562.
Nuviana, W., Noor, M., & Jauchar, B. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di UPTD. Puskesmas Lempake. Ejournal Ilmu Pemerintahan, 6(4), 1621-2634.
Shilvira, A., Fitriani, A. D., & Satria, B. (2023). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan (SIKONTAN), 1(3), 205-214.
Syifani, D., & Dores, A. (2018). Aplikasi Sistem Rekam Medis di Puskesmas Kelurahan Gunung. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 9(1), 22-31.
Ramadhan, I. H., & Suprajang, S. E. (2018). Analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di klinik Mitra Husada kecamatan Wates kabupaten Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 3(2), 138-148.
Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, Y., Wulandari, T., & Pasaribu, K. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3840-3848
Subaida, S., Mansur, M., & Muhtadi, R. (2020). Strategi Keandalan Pelayanan Pada Pt. Bprs Sarana Prima Mandiri. Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen dan Keuangan Syariah, 1(2), 265-274.
Ulandari, S., & Yudawati, S. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Terhadap Kepuasan Pasien. Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 7(2), 39-53.
Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023 Tentang Kesahatan.
Porwani, S., & Septiyani, D. R. (2019). Hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di bagian pendaftaran pada uptd puskesmas sosial palembang. Adminika, 5(1), 61-81.
Published
2024-08-19
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)