Mutu Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Uekuli Kec. Tojo Kab. Tojo Una-Una
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan nasional adalah suatu langkah ke arah peningkatan pelayanan kesehatan baik untuk individu maupun untuk populasi sesuai dengan keluaran (OUTCOME ) Kesehatan yang diharapkan dan sesuai dengan pengetahuan profesional. Tujuan penelitiaan ini adalah untuk mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional di puskesmas uekuli kecamatan Tojo kabupaten Tojo una-una. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, jumlah sampel sebanyak 60 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan diagram kartesius. Penelitian ini dilaksanakan di puskesmas uekuli kecamatan Tojo kabupaten tojo una-una. Hasil penelitian membandingkan mutu pelayanan jaminan kesehatan nasional mutu yang diharapkan sesuai dengan mutu yang diterima oleh pasien yang menggunakan jaminan kesehatan nasional di puskesmas uekuli kecamatan Tojo kabupaten tojo una- una. Penelitian ini menyarankan agar kiranya dapat menjadi sumber informasi bagi instansi terkait agar dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan nasional yang diharapkan sesuai dengan yang diterima.
References
Sulistiyono, P. 2014. Persepsi Pasien Tentang Pelayanan BPJS Di RSI Muhammadiyah Kendal. Skripsi Program Studi S1 Fakultas Ilmu Keperawatan Dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. (Online).http://digilib.unimus. ac.id/files/disk1/153/jtptunimus-gdl-puji sulist-7638-1-3.file-k.pdf Diakses pada tanggal 27 Agustus 2015.
Solihat, E. 2013. Kepuasan Pasien Dan Pelayanan Keperawatan Di Instalasi Gawat Darurat. Jakarta: PT.Rumah Sakit Pelni.