Studi Pengorganisasian terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan di UPTD Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala
Organizing Study on the Quality of Health Services in Publik Health Center UPTD Lalundu Donggala Regency
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan proses rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan dalam hal ini bagaimana proses pengorganisasian di puskesmas lalundu melalui dimensi mutu pelayanan kesehatan diantaranya kehandalan, tanggung jawab, efesiensi atau efektifitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji studi pengorganisasian terhadap mutu pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 8 orang di Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Hasil penelitian di puskesmas Lalundu terhadap dimensiĀ mutu pelayanan kesehatan ditinjau dari yaitu : 1) ketanggapan sudah baik, 2) tanggung jawab sudah baik, 3) efesiensi baik 4) dan efektivitas belum baik di Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala. Hal ini dikarenakan SDM yang masih terbatas, fasilitas belum memadai, ketidak disiplinan waktu petugas kesehatan dalam bekerja sehingga penilaian masyarakat mengatakan bahwa pelayanan yang diberikan di UPTD Puskesmas Lalundu masih kurang maksimal pelayanan yang diberikan salah satunya yaitu jam pelayanan yang lambat karena petugasnya lambat di tempat dan jarangnya dokter berada di puskesmas. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu belum efesien dan efektifnya pelayanan yang diberikan petugas kesehatan di UPTD puskesmas Lalundu. Puskesmas diharapakan melakukan pengusulan tenaga kesehatan terutama tenaga perawat dan penambahan fasilitas kesehatan seperti ruangan imunisasi serta menerapkan kedisplinan waktu agar menjadi penilaian bagi mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas Lalundu Kabupaten Donggala.
References
Andriani, 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Magelang. Jurnal Kesehatan, ISSN 1979-7621, Vol. 2, No. 1.
Andriani, A. 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi Journal Endurance 2(1) hal. (45-52).Keperawatan STIKes Yarsi Sumbar Bukittinggi.
Artini, 2015. Analisis Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keparawatan Terhadap Kepuasan Klien Rawat Inap di RSU Puri Asih Salatiga.. Tesis. Universitas Diponegoro.
Burhanuddin, N. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Jurnal MKMI, Vol. 12 No. 1. Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia. Makassar
Bustami, 2016. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Damopoli, S. H. 2018. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rs Bhayangkara Tk Iii Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
Dirgantara Wicaksono, 2017. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan dan Tanggung Jawab dengan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Sosial Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh
Dwiyanto, 2014. Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 2, No 2. Kabupaten Wonogiri.
Etlidawati, 2017. Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan, Vol 15 No 3. Kabupaten Banyumas. Jawa Tengah
Ertanto, R. 2017. Hubungan antara Kualitas Pelayanan Tenaga Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Badan Rumah Sakit Umum DR. H Soewondo Kendal.
Hamid, W. 2018. Hubungan Status Demografi Dengan Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Jamkesmas Di Wilayah Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 3 No. 2. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok
Hermanto, 2015. Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Bulungan Kalimantan Timur. Jurnal Kesehatan Vol. 2 No.3.
Hufron, A. 2017. Analisis Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Penumping Kota Surakarta. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Iin Amelia, 2018. Faktor Yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Puskesmas Paccerakang Kota Makassar. Skripsi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Makassar.
Kemenkes, 2014. Kebijakan Pemerintah Dalam Pelayanan Kesehatan Menyongsong. Pusat Data dan Informasi PERSI. Jakarta.
Kementerian Kesehatan RI. 2015. Manajemen Puskesmas Penerapan Standar Pelayanan Minimal di Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Medik.
Laila, M. 2015. Pengaruh Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Penjaringan tahun 2012. KTI. Stikes Alma Ata. Yogyakarta.
Machmud, R. 2016. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Literatur Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Dipenogoro.
Magfirah. 2016. Karakteristik Pelanggan dan Persepsi Pelanggan Terhadap Pelayanan Puskesmas Kota Kotamobagu dan Kabupaten Bolaang Margondoe Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Penyuluhan, Volume 5, Nomor 01.
Makanaung, Joan D. 2017. Hubungan Persepsi Pasien Terhadap Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Minat Pemanfaatan Ulang Rawat Jalan di Puskesmas Bitung Barat Kota Bitung. jurnal KESMAS, Volume 7 Nomor 4. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.
Miranti, K. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara Tahun 2013. Jurnal. Universitas Hasanudin Makassar. Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Rahayu, S. 2018. Kepuasan Pasien Terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Batusangkar Tahun 2018. Skripsi. Universitas Andalas. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Padang.
Rahmayani, 2016. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas. Salemba Medika. Jakarta.
Riskyanti, 2016. Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien umum di Pusat Puskesmas Kota Makassar. Skripsi Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar.
Supriyanto, 2016. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Akseptabilitasnya. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Suwarni, 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dan Tingkat Kepuasan Pasien di Poliklinik Swasta Rumah Sakit Kanker Dharmais. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Depok
Utami, U. 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas gadjah Mada, Yogyakarta.
Widiyatmi, E. 2016. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Bantar Gebang 1 Bekasi. Tesis pascasarjana. Universitas Indonesia. Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Wowor, J. 2019. Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Cantia Tompaso Baru. Jurnal KESMAS, Vol. 8, No. 6.
Wulandari, H. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RS Soeharto Herdjan Tahun 2014. Skripsi. Universitas Esa Unggul. Jakarta