Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi

The Effect of Health Service Quality on Patien Satisfaction in the Working Areas Dolo Health Center, Sigi Regency

  • Hasrianty Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rosnawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Empati, Jaminan, Ketanggapan, Kehandalan, Bukti Fisik

Abstract

Kualitas adalah totalitas dan wujud serta ciri dari suatu barang atau jasa yang dihasilkan, yang di dalamnya terkandung sekaligus pengertian akanadanya di hasilkan tersbut. Kualitas pelayanan merupakan titik sentral bagi perusahaan jasa karena akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kulaitas memiliki hubungan yang sanga terat dengan kepuasan pelanggan,yaitu kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalani ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Jenis penelitian survei analitik dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang datang ke puskesmas melakukan pengobatan pada saat penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan dengan perhitungan rumus Lameshow estimasi proporsi maka di peroleh besar sampel yaitu 96 responden. Teknik pengambilan sampel adalah dengan cara Non Probability Sampling yaitu menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan secara simultan, Lima dimensi pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai probabilitas F hitung lebih dan simultan 0.05 (0.730>0.05). Penelitian ini diharapkan memberikan referesi bagi petugas untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan di Puskesmas sehingga kepuasan pasien semakin meningkat dan berpengaruh kepada loyalitas puskesmas.

References

Aida Andriani, 2017. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Journal Endurance 2(1) February 2017 (45-52)
Chitami, 2013.Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien RS Otaria Batam, Jurnal Bisnis dan Manajemen I (Vol.I)
Djojosugito, Ahmad. 2016. Kebijakan Pemerintah Dalam Pelayanan Kesehatan Menyongsong AFTA, Pusat Data dan Informasi PERSI: Jakarta.

Guntur, Muhammad dan Bambang setiaji. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dengan Lima Dimensi Kualitas (Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PDAM Kota Surakarta
Haratul Anisza, 2012. Skripsi Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasiendi Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten
Ika Andriyani, 2015. Skripsi Hubungan Kualitas Pelayanan Dalam Lima Dimensi Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Puskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo.
Jasfar, Farida. 2010. ManejemenJasa. Ghalia Indonesia. Bogor.
Kamran, 2018. Skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu.
Kementrian Kesehatan RI, 2017. Profil Kesehatan Indonesia.
Mohammad Gusni, 2015. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Kawua Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014. Tentang Puskesmas.
Rahadi Fitra Nova, 2010. Skripsi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.
Ratnawati A, 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap brand image padapasien RS Ortopediprof. DR Soeharso Surakarta.
Wijono,2015. Manejemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Erlangga Pers. Surabaya
Published
2020-04-15
Section
Artikel Penelitian