Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Pegawai di Puskesmas Pantoloan dengan Insentif sebagai Variabel Moderating

Effect of Workload on Performance of Employees in Pantoloan Puskesmas With Incentive as A Moderating Variable

  • Annisa Putri Ana Phalis Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Rosnawati Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Beban Kerja, Kinerja Pegawai, Insentif

Abstract

Beban kerja merupakan faktor ekstrinsik individu yang menjadi salah satu  sumber munculnya tekanan, karena beban kerja yang dihadapinya terlalu banyak. Kondisi ini menuntut pegawai untuk memberikan energi yang lebih besar lagi daripada biasanya di dalam menyelesikan pekerjannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh beban kerja terhadap kinerja pegawai dengan insentif sebagai variabel moderasi di Puskesmas Pantoloan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan objek penelitian semua pegawai yang ada di Puskesmas Pantoloan. Pemilihan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling jenuh yang berjumlah 71 responden. Metode penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis pada regresi linear pertama adalah 0,60 atau 60 %, setelah adanya  variabel moderasi (insentif) pada persamaan regresi  kedua, nilai R Square tersebut meningkat menjadi 0,95 atau 95 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Diterima sehingga dapat dikatakan bahwa keberadaan variabel insentif (sebagai variabel moderasi) akan dapat memperkuat atau meningkatkan pengaruh variabel beban kerja terhadap kinerja pegawai. Kesimpulan beban kerja berpengaruh positif signifikan terhadap  kinerja pegawai dan insentif memperkuat pengaruh beban kerja terhadap kinerja pegawai. Saran yang diberikan adalah agar Puskesmas Pantoloan perlu meningkatkan pemberian insentif yang lebih baik lagi tentang pembagian insentif berdasarkan kinerja karyawan atau berdasarkan beban kerja yang diterima oleh pegawai.

References

Dewi Widayanti, 2017. Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Kelas Iii Rsud Wates. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Essi Guspaneza, 2017. Hubungan Disiplin, Motivasi Kerja Dan Pembagian Insentif Dana Kapitasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Alai Kota Padang. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
Fandy Gunawan, 2017. Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Keadilan Sebagai Variabel Moderasi Pada Pt Lautan Teduh Interniaga. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung Bandar Lampung.
Marquis, B. L. dan Huston, C. J, 2010. Kepemimpinan dan manajemen keperawatan: teori dan aplikasi. Edisi 4, EGC, Jakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Simamora, Henry, 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia , Yogyakarta;
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2020-05-15
Section
Artikel Penelitian