Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Tinombo

  • Muhammad Anzar Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nur Afni Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Mohamad Afaldi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan, Pasien

Abstract

Wujud dari kepuasan pasien yang menjadi perhatian yakni mutu pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap pasien.  Untuk memberikan sebuah layanan yang baik, maka semua elemen pendukung di puskesmas harus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan jika puskesmas tidak ingin ditinggalkan oleh masyarakat karena pada hakekatanya kepuasaan terkait dengan peningkatan pelayanan, makin sempurna pelayanan yang diberikan kepada pasien maka makin tinggi pula tingkat kepuasaan pasien.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Tinombo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif- kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian survey. Lokasi Penelitian dilaksanakan di Puskesmas Tinombo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap pada Bulan Januari sampai dengan Juli Tahun 2022 di Puskesmas Tinombo. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 42 responden.  Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. hasil penelitian menunjukan bahwa kehandalan (reliability), bukti fisik (tangible), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empaty)  mempunyai pengaruh sangat kuat terhadap kualitas kepuasan pasien di Puskesmas Tinombo.  

References

Banan, I. N., 2020, Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pasien di Puskesmas Bumi Panyileukan Kota Bandung, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung.
Herlambang Susatyo., 2018. Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit, Gosyen Publishing, Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Keller., 2016. Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. USA: Pearson Prentice Hall.
Muninjaya, G. 2014. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Jakarta. EGC. 112 hal.
Nasution & Kurniansyah, 2021. Analisis pelayanan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Jurnal Fakultas FEB Unmul. Hal. 76-83.
Pohan, Imbalo S. 2015. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Prabanastiti, 2018. Analisis Perbedaan Persepsi Terhadap Mutu Pelayanan Antara Pasien BPJS dan Non BPJS di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun. Skripsi Prodi Kesehatan Masyarakat STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun.
Sepriani, D. P., 2021. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Pada Puskesmas Di Long Ampung Kecamatan Kayan Selatan Kabupaten Malinau. eJournal Sosiatri-Sosiologi 2021, 9 (2): 95-109.
WHO, 2019, Health Topics: Health Systems, Online Wikipedia (Online), (https://id.wikipedia.org/wiki/Pelayanan_kesehatan), diakses 25 juli 2022.
Published
2023-07-14
Section
Artikel Penelitian