Perilaku Masyarakat terhadap Kekerasan dalam Rumah Tangga di Kota Palu Tahun 2019

Community Behaviour Against Domestic Violence in Palu City Year 2019

  • Anggraeni Bagian Promosi Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Munir Salham Bagian Promosi Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Muhammad Jufri Bagian Promosi Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Perilaku, Kekerasan

Abstract

Kasus kekerasan dalam rumah tangga di kota Palu sangat memprihatinkan, sebab terjadinya kenaikan kasus kekerasan yang berdasar pada data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi di kota Palu terjadi 70 kasus KDRT pada tahun 2018 dikota Palu. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perilaku masyarakat dalam masalah kekerasan dalam rumah tangga dan penanganan atau tindakan yang dilakukan terhadap kasus kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini dalam bentuk deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dan indepth interview, jumlah informan terdiri dari 5 orang dengan menggunakan metode purposive sampling yakni 2 orang ibu rumah tangga, 2 orang anak, dan 1 orang penyidik PPA kepolisian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengetahuan masyarakat tentang KDRT adalah Kekerasan yang dilakukan oleh seorang suami terhadap istri dan anak disaat marah. Sikap yang diambil oleh masyarakat terhadap kekerasan dalam rumah tangga yakni memberikan nasihat kepada pelaku kekerasan (Kepala keluarga) agar menyadari bahwa apa yang dilakukanya adalah sebuah kesalahan, serta Tindakan masyarakat dalam hal kekerasan yakni untuk melibatkan proses hukum dalam menimbulkan efek jerah kepada pelaku. Disarankan permasalahan rumah tangga sebaiknya jika tidak bisa di atasi maka melapor ke pihak kepolisian kemudian melakukan mediasi di kantor kelurahan, agar permasalahan dapat terselesaikan dengan baik.

References

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak laporan jumlah kasus kekerasan:provinsi sulawesi tengah. Palu, 2017
Sharma, M. Chaudary, M. (2016) A Study of Drugs and Substance Abuse Among Adolescents of Slum Dwellers. The International Journal of Indian Psychology ISSN 2348
Soemanto, R. 8., & Haryono, 8. 2018. Kenakalan Pelajar dalam Keluarga Single Parent: Studi Kasus pada Pelajar dalam Keluarga Single Parent di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Girimarto, Wonogiri Tahun 2012/2013. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(2)
Published
2020-05-15
Section
Artikel Penelitian