Hubungan Jarak Tempat Tinggal dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas

The Relationship Between The Distance of Residence And Public Knowledge on Utilization of Puskesmas Services

  • Nurhayati Marada Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo, Gorontalo Indonesia
  • Yanti Hz. Hano Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo, Gorontalo Indonesia
  • Wahyuni Hafid Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo, Gorontalo Indonesia
Keywords: Jarak, Pengetahuan, Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas

Abstract

Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan hak asasi manusia yang harus dilaksanakan oleh suatu negara. Pemanfaatan pelayanan kesehatan di Indonesia secara umum dapat dikatakan baik, tetapi masih ada beberapa desa yang mengalami kendala dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan, contohnya di Desa Liyoto Kecamatan Bongomeme. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan jarak tempat tinggal dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan pelayanan Puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga yang ada di Desa Liyoto Kecamatan Bongomeme yang berjumlah 271 kepala keluarga. Teknik pengumpulan data adalah total sampling dengan menggunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS. Hasil Penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jarak tempat tinggal dengan pemanfaatan pelayanan Puskesmas dengan nilai p = 1,000 > 0,05. Sedangkan untuk pengatahuan masyarakat terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan Puskesmas dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Adapun saran yang dapat diberikan adalah petugas kesehatan dapat memberikan penyuluhan tentang pentingnya memanfaatkan Puskesmas sebagai tempat berobat yang tepat.

References

Basith, Z. A. (2019). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Gayamsari Kota Semarang. Skripsi, 1–60.

Fatma, A. Z., Deli, H., & Arneliwati. (2022). Hubungan Jarak Rumah dan Waktu Tempuh dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Selama Pandemi. Jurnal Online Mahasiswa , Vol.9 No., 161–168.

Meidella, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Talu Kecamatan Talamau. Puniversitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–93.

Oktarianita, Andry sartika, Wati, N., & Ferasinta. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Lingkar Barat. Presiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 1369–1377.

Sainal, A. A., & Amirullah, A. N. (2024). Analisis pemanfaatan pelayanan kesehatan di wilayah kerja puskesmas biji nangka kabupaten sinjai. 5(36), 1546–1554.

Sandora, T., Entianopa, E., & Listiawaty, R. (2021). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Puskesmas Oleh Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Pasar Terusan. Preventif?: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(1), 100–109.

Saputra, M. A. S., & Roziah. (2021). Hubungan Jarak Tempat Tinggal dan Pengetahuan Masyarkat dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Terapan, 8(1), 20–26.

Susilawati, & Azzahra, D. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Masyarakat Maritim. Journal of Health and Medical Research, 3(3), 267–272.

Winda, & Susilawati. (2023). Analisis Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Puskesmas di Setiap Pesisir?: Literature Review. Jurnal Anestesi?: Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(3), 106–117.

Published
2024-08-24
Section
Artikel Penelitian