Strategi Pemasaran pada Masa Pandemi (Covid-19) di Yumna Laundry

Marketing Strategy during the Pandemic (Covid-19) at Yumna Laundry

  • Nurmalasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin. T Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Cahyaning Raheni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Yumna laundry, Strategi Pemasaran, Pandemi (Covid-19)

Abstract

TujuanĀ  dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran pada masa pandemi (Covid-19) di Yumna laundry dan faktor-faktor apa saja yaang menjadi kekauatan, kememahan, peluang, dan ancaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan metode analisis data SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Threats). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa strategi pemasaran selama masa pandemi (Covid-19) adalah SO (strenght-opportunities) yang artinya strategi memanfaatkan kekuatan (strenght) internal perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari peluang (opportunities) eksternal untuk mencapai pertumbunhan bisnis yang meningkatkan.

References

Anaroga, Panji. Pengantar Bisnis Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta, Rineka Cipta. 2011.

Susilo, Aditya. Penyakit Dalam Indonesia. Universitas Indonesia, Vo.7, no 1. 2020.

Wardana, Wikrama. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Budi Utama, Cetakan Ketiga.

Wijoyo, Hadion. 2021. Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi. Sumatra Barat: cetakan pertama.

Archika, Dwi, Naswa. Makalah Coronavirus Disease 2019. Pendidikan Jasmani dan Olahraga kesehatan, SMA Negeri 3 Medan. 2020.

Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Anaroga, Panji. Pengantar Bisnis Pengelolaan Bisnis Dalam Era Globalisasi. Jakarta, Rineka Cipta. 2011.

Susilo, Aditya. Penyakit Dalam Indonesia. Universitas Indonesia, Vo.7, no 1. 2020.

Wardana, Wikrama. 2017. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Budi Utama, Cetakan Ketiga.

Wijoyo, Hadion. 2021. Strategi Pemasaran UMKM Di Masa Pandemi. Sumatra Barat: cetakan pertama.

Archika, Dwi, Naswa. Makalah Coronavirus Disease 2019. Pendidikan Jasmani dan Olahraga kesehatan, SMA Negeri 3 Medan. 2020.

Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Rajawali Pers.

Rangkuti, Freddy. Analisis SWOT Tehnik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia pustaka uatama. 2013.

Menap, H.Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media Jakart

Philip Kotler dan Kevin Lane Kille, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1, (Jakarta: Gelora Aksara Pratama, 2009) hlm 6.

Philip, Kotler dan Lane, K Keller. Manajemen Pemasaran. New Jersey: Prentice Hall. 2007.

Daulay, Hidayah, Nurul. Strategi Pemasaran Pizza Hut Dalam Mengahadapi Pandemi Covid-19 Dengan Analisis Swot (Studi Kasus Pada Pizza Hut di Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia: Skripsi, Program Studi Strata 1 Manajemen. 2021.

Erliningtias. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Bersaing Pada Usaha Della Laundry. Skripsi, Universitas Semarang. Fakultas Ekonomi.2020

Fitriyani, Rifka. Penetapan Strategi Bauran Pemasaran Pada Penjualan Sekararum fashion. Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang. 2018.

Gunawan, Andri. Stategik Pemesaran Melalui Media Sosial Dalam Meningkatkan Occupancy Pada Hotel Aerotel Smile Makassar. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Npbel Indonesia: Skripsi, kosentrasi Bisnis Pariwisata Dan Perhotelan, Program Studi Majemen. 2021.

Rahmawati. Stategi pemasaran pada masa pandemi covid-19 berdasarkan analisi swot untuk meningkatkan penjualan motor honda dalam perpektif ekonomi islam (studi kasus pada PT Tunas Honda Panjar Bulan Lampung Barat). Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. 2021.

Ronas, Calvin. Strategi Pemasaran Pada Masa Wabah Covid-19 Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Marie 18 Clinic Bengkulu). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu: Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. 2021.

Salwa, Atika. 2022. Strategi Pemasaran kedai kopi pada masa pandemi Covid-19 dikota Medan. Universitas Sumatera Utara. Skripsi, program studi Agribisnis. 2022.

Published
2023-12-08
Section
Artikel Penelitian