Analisis Strategi Efektivitas Pangsa Pasar Surat Kabar Harian Radar Sulteng pada PT. Radar Sulteng
Strategy Analysis of the Effectiveness of the Radar Sulteng Daily Newspaper Market Share in PT. Radar Sulteng
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui dan menganalisis strategi efektivitas pangsa pasar surat kabar harian Radar Sulawesi Tengah pada PT. Radar Sulteng. Untuk Mengetahui dan menganalisis penerapan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman) dalam meningkatkan peluang pangsa pasar koran Harian Radar Sulteng pada PT. Radar Sulawesi Tengah. Dari hasil analisis SWOT menghasilkan nilai S<O sebesar (0,34 < 0,36), untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada, strategi yang dapat dilakukan PT. Radar Sulteng adalah dengan membuka lokasi baru karena PT. Radar Sulteng berada dalam kondisi Bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten dan pangsa pasar yang besar, Nilai W<O yaitu sebesar (0,30 < 0,36), Strategi lain yang dapat dilakukan adalah dengan menambah jumlah tenaga pemasaran PT. Radar Sulteng dan produk Surat Kabar Harian yang dijualnya diketahui oleh banyak orang dan orang-orang akan tertarik untuk membeli produk Surat Kabar Harian yang dijual PT. Radar Sulteng. Nilai S>T yaitu (0,34 > 0,30), strategi yang dapat dilakukan PT. Radar Sulteng adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan Surat kabar harian Radar Sulteng menetapkan harga bersaing agar konsumen merasa puas dengan produk yang dibeli pada PT. Radar Sulteng. Nilai W=T yaitu sebesar (0,30 = 0,30), Strategi yang dapat digunakan PT. Radar Sulteng adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi agar konsumen menjadi tahu tentang PT. Radar Sulteng dan produk Surat Kabar Harian yang dijualnya sehingga tertarik untuk membeli.
References
Assauri, Sotjan. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Bayu Wicaksono. 2015. Segmentasi Pasar Media : Jangan Ikut Ritme Pesaing. Jurnal Interaksi. Vol. 4. No. 2. Hal. 123-131.
Budhy Handoyo. 2011. Strategi Pemasaran Koran Jawa Pos Pada PT. Jember Intermedia Pers (Radar Jember). Majalah Ilmiahâ€Dian Ilmuâ€. ISSN : 0853-2516. Hal. 17-46.
Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Penerbit : PT Gramedia Pustaka. Jakarta.
Hasan, Ali. 2013, Marketing, Cetakan Pertama. Media Pressdindo. Yogyakarta.
Iga Rosalina. 2012. Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan Pada Kelompok Pinjaman Bergulir Di Desa Mantren Kec Karangrejo Kabupaten Madetaan. Jurnal Efektivitas Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 01 No 01. Hal. 3.
John W, Mullins dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Moleong, Lexy J, 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Morissan. 2015. Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenada Media Group. Jakarta:
Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. CV Pustaka Setia. Bandung:
Richard M. Steers. 1999. Efektivitas Organisasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Sarwono Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Graha. Ilmu, Yogyakarta.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. IN MEDIA: Bogor.
Suryawati, Indah. 2011. Jurnalitik : Suatu Pengantar Teori dan Praktek. Ghalia Indonesia. Bogor.
Suryawati, Indah. 2014. Jurnalistik Suatu Pengantar. Ghalia Indonesia. Bogor.
Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media: Cerdas Bermedia Khalayak Media. Massa. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Udung Noor Rosyad. 2011. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Perluasan Pangsa Pasar. Mimbar. Vol. XXVII. No. 2. Hal. 213-224.
Yunus , Abidin. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama. Bandung.
Zainuddin, Ali. 2011. Metode Penelitian Hukum. Sinar Grafika. Jakarta.
https://ekonomi.kompas.com/read/2010/01/20/05562335/Pangsa.Pasar.Surat.Kabar.Tumbuh