Analisis Efektivitas Pelaksanaan Kerja Pegawai pada Kantor Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XX Provinsi Sulawesi Tengah

The Effectiviveness Analysis of Implementing Staff Jobs at the Office of Public Hall of Landtransportation Manger of XX County Of Central Sulawesi

  • David Fausi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin. T Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Efektivitas, Pelaksanaan, Kerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini mencakup penilaian terhadap kebutuhan kerja, kebutuhan jumlah pegawai, kebutuhan waktu kerja, kebutuhan pegawai, kepuasan pegawai, dan kepuasan pengguna / konsumen. Sesuai dengan jenis pekerjaan yang ada. Tanggung jawab tersebut dapat dikerjakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Selain itu, rasa tanggung jawab terhadap tugas juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tanggung jawab pegawai. Sesuai dengan rasa rasa, pertanggungjawaban, tanggung jawab. Jadi pekerjaan ini di luar estimasi atau di luar perencanaan, namun harus disetujui. Jika hal ini terjadi, maka pekerjaan yang sudah ada ditunda sebelumnya dengan mementingkan pekerjaan yang harus diselesai kan.Pelaksanaan kerja yang efektif juga dapat dilihat dari jumlah pegawai yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas tersebut. Beberapa tugas dapat dilakukan oleh satu orang pegawai, namun ada beberapa tugas-tugas tertentu yang harus dikerjakan oleh lebih dari satu pegawai, bahkan diperlukan kerja sama dengan bagian lain atau lembaga lain.Dari segi jumlah pegawai, pelaksanaan kerja dapat dilakukan dengan cukup efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan pegawai untuk setiap pekerjaan sudah mencukupi, asalkan ada sarana yang memadai. Selain itu, ada pekerjaan yang memerlukan tambahan pegawai yang memiliki keahlian atau kemampuan sesuai dengan jenis pekerjaan.hasil penelitian antara lain tentang melakukan tugas bagian dari ibadah, melaksanakan tugas harus ikhlas, takwa, tawakal dan cerdas. Alasan kedua, kepuasan kerja yang diperoleh karena tanggung jawab yang dapat diterima. Alasan ketiga yaitu dengan selesainya tugas pekerjaan, tidak ada beban lagi.

References

Daft, Richard L. 2012. Manajemen, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Robbins, S.P. 2015. Perilaku Organisasi. Edisi Kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Steers, Richard M. 2011. Efektivitas Organisasi, Terjemahan. Jakarta: PT. Erlangga.
Sutarno. 2012. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Edisi Delapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Perss
Suhartono. 2013. Hukum Pajak Material 1: Seri Pajak Penghasilan. Salemba Humanika.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, Suparno. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 154 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengelola Transportasi Darat.
Published
2021-07-15
Section
Artikel Penelitian