Pengaruh Pendidikan, Keterampilan dan Konsep Diri terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali

The Effect of Education, Skill and Selfcocept Toward Teachers’ Job Performance of State Elementary School Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali

  • Rasmudin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Haris Abd. Kadir Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin. T Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pendidikan, Keterampilan, Kinerja

Abstract

Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, diperoleh F-hitung sebesar 36,237 dengan tingkat profitabilitas 0,000 (signifikan), dengan nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel pendidikan (X1), keterampilan (X2) dan konsep diri (X3) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y)Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Dari hasi perhitungan uji t-hitung X1 = 2,338 pada kesalahan (alfa) 5% atau nilai probabilias 0,05 > 0,027, hal ini menunjukkan pendidikan (X1) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap kinerja guru (Y)Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Dari hasi perhitungan uji t-hitung X2 = 2,132 pada kesalahan (alfa) 5% atau nilai probabilias 0,05 > 0,042, hal ini menunjukkan keterampilan (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap kinerja guru (Y)Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali. Dari hasi perhitungan uji t-hitung X3 = 2,722 pada kesalahan (alfa) 5% atau nilai probabilias 0,05 > 0,011, hal ini menunjukkan konsep diri (X3) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap kinerja guru (Y)Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali.

References

Adrian, Payne, (2010), Pemasaran Jasa, The Essence of Service Marketing, Andi. Yogyakarta
Ahyari, Agus. 2002. Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi. Edisi Empat, Yogyakarta, BPFE,

Arief Nugroho Wibowo, (2016), Analisis Strategi Pemasaran Marmer. Jurnal Sosio E-Kons, Vol. 8 No. 3,hal. 190-201
Basu Swastha DH.,Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke-tiga belas, Yogyakarta: Liberty Offset,
Basu Swasta Dharmesta, T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran “ Analisis perilaku konsumen “. Edisi pertama cetakan ketiga.BPFE-Yogyakarta.
Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE,
Hadari Nawawi, H. Murni Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press, cet. 2
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: ALFABETHA,
Heizer Jay, Render Barry. 2005. Operations Management. Jakarta: Salemba Empat.
Prawirosentono, 2009. Manajemen Operasi (Operation Manajemen). Jakarta: Bumi Aksara
Suyadi, Prawirosentono. (2009). Manajemen Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta : ANDI
Schiffman dan Kanuk, 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks
Tjiptono, 2000. Manajemen Jasa. Edisi kedua. Andy Offset, Yogyakarta
Published
2020-10-15
Section
Artikel Penelitian