Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi terhadap Minat Pelanggan Studio T-Musiq

The Effect of Prices, Facilities and Location on Studio Customer Interests T-Musiq

  • Rahmat Alfiansyah Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sarifuddin. T Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Harga, Fasilitas, Lokasi, Minat Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, fasilitas, dan lokasi terhadap minat pelanggan Studio T-Musiq. Dengan menggunakan metode deskrptif verifikatif dengan menggunakan peralatan statistik yang relevan, sampel yang digunakan berjumlah 40 orang dengan metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan menggunakan analisis model regresi linear berganda, diperoleh F-hitung sebesar 30,109 dengan tingkat probabilitas 0,000 (signifikan), dengan nilai probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel Harga, Fasilitas dan Lokasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Minat pelanggan Studio T-Musiq. Dari hasil uji t-hitung X1 = 3,052 pada taraf kesalahan (alfa) 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,001, hal ini menunjukkan bahwa  Harga (X1) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Pelanggan (Y) pada Studio T-Musiq. Dari hasil pehitungan uji t-hitung X2 = 2,222 pada taraf kesalahan (alfa) 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,001 ini menunjukkan bahwa variabel Fasilitas (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pelanggan (Y) pada Studio T-Musiq. Dari hasil pehitungan uji t-hitung X3 = 2,367 pada taraf kesalahan  (alfa) 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,010 ini menunjukkan bahwa variabel Lokasi (X3) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pelanggan (Y) pada Studio T-Musiq.

References

1. Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
2. Basu Swastha, & Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta
3. Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl McDaniel. 2001. Pemasaran. Edisi
pertama. Salemba Empat. Jakarta
4. Fandy, Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
5. Fandy Tjiptono. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.
6. Fandi, Tjiptono. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Banyumedia.
7. Herry Achmad Buchori dan Djaslim Saladin. 2010. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi dan Tanya Jawab, Bandung: Linda Karya.
8. Imam Ghozali. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang :Badan Penerbit UNDIP.
9. Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1,
Edisi 12, Terjemahan: Bob Sabran, M.M, Jakarta: Erlangga.
10. Kotler, P. dan Keller, K.L. 2011. Manajemen Pemasaran Edisi 13, Jakarta: Erlangga.
11. Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
12. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-12-20
Section
Artikel Penelitian