Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merk Yamaha pada CV. Adiatma Motor Palu

The Influence of Service Quality and Price Strategy on Purchase Decisions of Yamaha Brand Motorcycles at CV. Adiatma Motor Palu

  • Mikla Klodia A. Duri Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
  • Andi Mattulada Amir Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
  • Abdul Rahman Taher Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
  • Nunung Apriyani Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
  • Nurlailah Universitas Abdul Aziz Lamadjido (AZLAM) Palu
Keywords: Kualitas Pelayanan, Strategi Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh simultan dan parsial kualitas pelayanan,strategi harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha pada CV. Adiatma Motor Palu. Penelitian menggunakan sampel 30 orang responden pelanggan dealer Yamaha CV. Adiatma Motor. Analisis data menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS for windows versi 16. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan strategi harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor merk Yamaha pada CV. Adiatma Motor.

References

Atik, dan Ratmianto.(2005). Manajemen Pelayanan, disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

As, Moenir, (2001), Manajemen Pelayanan Umum, Bumi Aksara, Jakarta.

Ariani, D. Wahyu. (2009). Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Assaun, Sofyan. (2004). Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Best Roger J, Coney Kenneth A, Hawkins Dei I,(2001),Consumer Behavior,Building Strategy, McGraw-Hill Education, New York. USA.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modera, Liberti, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS

(Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2009). “ Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€. Semarang: UNDIP

H.A.S .Moenir , (2010) . Manajemen pelayanan umum di Indonesia , Jakarta: Bumi Aksara.

Hair, Joseph F. Jr.et.al.(2010), Multivariate Data Analysis 7th Edition.Pearson Education Limited Harlow. England.

Kotler, Philip. (1997). Manajemen Pemasaran 9e: Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Kontrol.Jakarta:PT. Prehalindo.

Kotler, Philip & Anastasia Diana. (2001). Total Quality Management.Yogyakarta:Penerbit ANDI.

Kotler,dan Keller.(2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta :Erlangga

Kotler, dan Keller.(2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga

Ma’ruf, Hendri. (2006). Pemasaran Ritel.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Mahatir, Mohamad A21111317. (2014). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubisi Pajero Di Kota Makassar, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Muhammad Irsyad. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Pada Konsumen Yamaha Batu Raja.Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Napitupulu, Paimin. (2007). Pelayanan Publik dan Customer Statisfictior. Bandung: PT. Alumni

Partua Pramana Hamongan Sinaga. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Warnet Chamber Semarang. Skripsi: FE, UNDIP.

Rajindra, Burhanuddin, Rasmi Nur Anggaraeni, Nasrulhak Akkas, and Ahmad Yani. 2020. “Effect of Funding Policy and Working Capital on Financial Performance.” Journal of Engineering and Applied Sciences 15(3): 847–50.

———. 2021b. “The Effect of Price Earning Ratio on Market Performance in Banking Companies on the Indonesia Stock Exchange.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(1): 1–10.

Rajindra, Rajindra, Mohamad Andri, and Ahmad Yani. 2020. “Quality of Health Services in the Family Planning Program in Donggala Regency, Indonesia.” Systematic Reviews in Pharmacy 11(11).

Rajindra, Rajindra, and Rasmi Nur Anggraeni. 2019. “Costly Fees, Men’s Participation in Family Planning Declines.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 1(1): 5–8.

Rajindra, Rajindra, Guasmin Guasmin, and Burhanuddin Burhanuddin. 2020. “Financial Performance Analysis of Shares Returns in Cosmetics and Household Purposes Companies (Studies on Companies Listed on the Indonesian Stock Exchange).” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 2(4): 196–204.

RAJINDRA, Rajindra, Guasmin GUASMIN, Burhanuddin BURHANUDDIN, and Rasmi Nur ANGGRAENI. 2021. “Costs and Operational Revenue, Loan to Deposit Ratio Against Return on Assets: A Case Study in Indonesia.” The Journal of Asian Finance, Economics and Business 8(5): 109–15.

Rajindra, Rajindra, Umar Umar, and Julis Nurpadia. 2022. “Perencanaan Kebutuhan Bahan Baku Guna Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi Pada CV. Solo Indah Kota Palu.” Jurnal Sinar Manajemen 9(2): 335–41.

Rezki, Rezki, Rajindra Rajindra, and Abdul Rahman. 2022. “Strategi Usaha Mikro Kecil Bertahan Di Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Kolaboratif Sains 5(7): 434–40.

Robbins, Stephen. (1990). Perilaku Organisasi, Jakarta : Prehalindo.

Ruslan, Rosady. (2004). Public Relation.Edisi Revisi ke-2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ridwan, dan Kuncoro.(2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur).Bandung : Alfabeta.

Siow, Natalia 2013.Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria FU 150 Di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.1, No.3. Manado: Universitas Samratulangi.

Sudjana. 2001. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production

Sutisna, (2003).Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga.Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung

Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, M. (2007). Marketing Strategic : Top Brand Indonesia. Yogyakarta : Andi Offset

Santoso, Sunggih. (2010). Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Zeithaml, Valerie A. & Mary Jo Bitner. 2000. Service Marketing; Integrating

Customer Accross The Firm. McGraw Hill Inc.. USA

Published
2023-07-10
Section
Artikel Penelitian