Pengaruh Persepsi Modal Usaha, Jam Kerja dan Penjualan Terhadap Laba Usaha di Lapak Hutan Kota Palu

The Influence of Perception of Business Capital, Working Hours and Sales on Business Profits at the Palu City Forest Stall

  • Muliansyah Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Andi Mattulada Amir Universitas Tadulako
  • Abdul Rahman Taher Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Santi Rahmawaty Universitas Abdul Azis Lamadjido
  • Mariana Universitas Abdul Azis Lamadjido
Keywords: Modal Usaha, Jam Kerja, Penjualan, Laba Usaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal usaha, jam kerja, dan volume penjualan terhadap laba usaha di Lapak Hutan Kota Kaombona, Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan data kualitatif serta kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari sumber primer dan sekunder. Teknik analisis statistik yang diterapkan adalah regresi linear berganda yang diolah menggunakan perangkat lunak SPSS for Windows. Berdasarkan hasil analisis, nilai koefisien korelasi (Multiple R) sebesar 0,877 menunjukkan bahwa hubungan antara modal usaha, jam kerja, dan volume penjualan terhadap laba usaha di Lapak Hutan Kota Kaombona sangat kuat. Sementara itu, nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,757 mengindikasikan bahwa variabel modal usaha, jam kerja, dan volume penjualan berkontribusi sebesar 75,7% terhadap variabilitas laba usaha. Sisanya, sebesar 24,3%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi penelitian ini.

References

Angkoso, A. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Laba Perusahaan. Jakarta: Pustaka Bisnis.

Aslichah, dkk. (2018). Strategi Pemasaran dan Dampaknya terhadap Penjualan UMKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(2), 85-97.

Fauzan, M. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Laba UMKM. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 7(1), 45-56.

Gilarso, T. (2004). Prinsip-Prinsip Ekonomi dalam Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Huda, N., et al. (2020). Dampak Modal Usaha, Jam Kerja, dan Penjualan terhadap Laba UMKM. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 12(1), 50-63.

Listyawan Ardi Nugraha. (2011). Pengelolaan Modal dalam Bisnis UMKM. Bandung: Pustaka Bisnis.

Prasetyo, A., & Widodo, S. (2021). Strategi Penjualan dan Pengaruhnya terhadap Keberlanjutan Usaha Mikro. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 98-112.

Prathama Rahardja. (2010). Dasar-Dasar Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta: Salemba Empat.

Putranto, B. (2017). Dampak Kombinasi Modal, Jam Kerja, dan Strategi Penjualan terhadap Profitabilitas Usaha Kecil. Jurnal Ekonomi Terapan, 9(3), 55-72.

Rahmawati, I. (2021). Jam Kerja dan Efisiensi Operasional pada UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 16(4), 112-128.

Rahmatia, Madris, & Nurbayani. (2019). Pengaruh Modal, Jam Kerja, dan Lama Operasional terhadap Laba Usaha Mikro di Kota Palopo. Jurnal Ekonomi Rakyat, 8(1), 34-48.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran dan Teknik Analisis Data. Bandung: Alfabeta.

Saban Echdar. (2013). Strategi Pemasaran UMKM dalam Meningkatkan Omzet Penjualan. Jurnal Kewirausahaan, 5(2), 99-113.

Sari, L., & Nugroho, R. (2020). Peran Modal dalam Pengembangan UMKM dan Dampaknya terhadap Laba. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 87-100.

Sari, M., & Wijaya, T. (2019). Jam Kerja dan Produktivitas dalam UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 12(3), 134-147.

Sari, R., & Yuniarti, D. (2018). Dampak Modal Usaha terhadap Keberlanjutan Bisnis Kecil. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 45-60.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Statistik untuk Penelitian Sosial dan Ekonomi. Bandung: Alfabeta.

Widjaja, S., et al. (2020). Sinergi Modal, Jam Kerja, dan Penjualan dalam Efisiensi Bisnis Mikro. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 13(2), 92-110.2023.

Published
2024-11-30
Section
Artikel Penelitian