Pengaruh Kompetensi, Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di SDN Bariri, SDN Baleura dan SDN Rompo Kec. Lore Tengah, Kab. Poso
The Influence of Competence, Emotional Intelligence and Work Discipline on Teacher Performance at SDN Bariri, SDN Baleura and SDN Rompo Kec. Central Lore, Kab. Poso
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel kompetensi, kecerdasan emosional dan disiplin kerja terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun secara parsial. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan kompetensi, kecerdasan emosional dan disiplin kerja mampu meningkatkan kinerja guru dengan baik. Analisis menghasilkan persamaan Y = 23,463+ ?0.518 X?_1+0.809 X_2+0.731 X_3 yang berarti bila kompetensi, kecerdasan emosional dan disiplin kerja tidak berubah maka kinerja bernilai tetap. Bila kompetensi meningkat 100% maka kinerja 51,8%. Kecerdasan emosional meningkat 100% maka kinerja 80,9%. Sedangkan bila disiplin kerja meningkat 100% maka kinerja meningkat 73,1%. Adapun koefisien korelasi serempak (Multiple R) = 0,657 berarti kompetensi, kecerdasan emosional dan disiplin kerja memiliki hubungan positif yang kuat dengan kinerja. Selanjutnya koefisien determinasi Adjusted R Square 0,371 berarti kompetensi, kecerdasan emosional dan disiplin kerja berpengaruh 37,1% sedangkan sisanya dalam variabel yang tidak diteliti. Uji F menghasilkan Fhiung (7,096) > Ftabel (2,92) berarti kompetensi, kecerdasan emosional dan disiplin kerja secara serempak berpengaruh signifikan terhadap kinerja.
References
Ardiansyah, Yusuf, and Lisa Harry Sulistiyowati. 2018. “Pengaruh Kompetensi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai.” Jurnal Inspirasi bisnis dan manajemen 2(1): 91.
Aspi, Muhammad, and Syahrani Syahrani. 2022. “Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan.” Adiba: Journal of Education 2(1): 64–73.
HANDAYANI, WURI. 2012. “PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 5 BEKASI.”
Ismail, Muh Ilyas. 2010. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 13(1): 44–63.
Lubis, Nada Shofa, and Nurul Anriani. 2023. “Implementasi Model Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles (CSE-UCLA) Dalam Penilaian Kinerja Guru.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(2): 860–66.
Melayu, Nia Putri, and Nellitawati Nellitawati. 2023. “Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru.” Journal of Educational Administration and Leadership 3(3): 160–67.
Mulyasari, Irma. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai.” Journal of Management Review 2(2): 190–97.
Nugroho, Natanael Tri Prasetyo Adi, Rohiat Rohiat, and Puspa Djuwita. 2017. “Kinerja Guru Honorer Dalam Pembelajaran Di SMP.” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana 11(1).
Suciati, Wiwik. 2016. Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar. Rasibook.
Uno, Hamzah B, and S E Nina Lamatenggo. 2022. Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi. Bumi Aksara.
Utami, Ni Wayan Mia Septi. 2023. “PENGARUH HUMAN RELATION, KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN LPD DESA ADAT KEROBOKAN BADUNG.”