Langkah-Langkah Strategi Kebijakan Dinas Kesehatan dalam Menangani Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Pasangkayu

Strategic Steps of Health Department Policy in Handling Preventing the Spread of Covid-19 in Pasangkayu District

  • Dewi Harlina Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sudirman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Moh. Andri Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Strategi Kebijakan, Pencegahan, Penyebaran Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji langkah-langkah strategi kebijakan dinas kesehatan dalam menangani pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Pasangkayu. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif. Metode ini membahas secara mendalam suatu informasi. Studi ini menunjukkan bahwa langkah-langkah strategi kebijakan dinas kesehatan dalam menangani pencegahan penyebaran covid-19 di Kabupaten Pasangkayu dari sisi input sudah adanya tenaga yang di tugaskan dalam memantau pelaksanaan Protokol Kesehatan di Kabupaten Pasangkayu, kemudian adanya media promosi berupa poster, stiker tanda jaga jarak pada tempat-tempat umum dan tenpat pelayanan masyarakat, akan tetapi belum maksimalnya sosialisasi kebijakan pelaksanaan protokol kesehatan kepada masyarakat.

References

Astuty, Eka, Elpira Asmin, and Widya Putri Ramadhani. 2021. “Edukasi Daring Pencegahan Penularan COVID-19.”
Aulia, Rahmat. 2021. “Evaluasi Pelatihan Teknis Pelayanan Publik Balai Diklat Keagamaan Jakarta Dengan Model CIPP.” Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta 2(2):158–73.
Buana, Dana Riksa. 2020. “Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) Dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa.”
Dayani, Duyung, Heru Nurcahyo, and Iroma Maulida. 2021. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Penggunaan Masker Pada Remaja Di Kelurahan Bandung Kota Tegal Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19.”
Djanah, Sitti Nur. 2020. “Studi Tinjauan Pustaka: Penularan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19.” An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) 7(2):70–76.
Idawati, Titik. 2021. “Hubungan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Dengan Terjadinya Infeksi Covid-19 Pada Petugas Igd Rsud Bangil Kabupaten Pasuruan.”
Mashuri, Masri, Engga Maretha Delima, and Rusny Rusny. 2020. “BUKU: EVERYTHING ABOUT CORONA Mulai Dari Sejarah, Genom Virus SARS-COV-2, Analisis Filogenetik, Mutasi Virus, Keragaman Genetik, Epidemiologi COVID 19, Sumber Infeksi, Faktor Risiko, Karakteristik Klinis, Daftar Obat, Sampai Tindakan Pencegahan Penyebaran Virus SARS-CoV-2.”
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. “Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan.”
Parwanto, M. L. Edy. 2021. “Virus Corona (SARS-CoV-2) Penyebab COVID-19 Kini Telah Bermutasi.” Jurnal Biomedika Dan Kesehatan 4(2):47–49.
SUNDARI, HELEN, Wisuda Andeka, Darwis Darwis, Dino Sumaryono, and Rini Patroni. 2021. “Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Metode Ceramah Dengan Mediapop-Up Book Dan Leaflet Tentang Pencegahan Gastritis Terhadap Pengatuhan Dan Sikap Remaja SMP Negeri 5 Kota Bengkulu.”
Susilo, Adityo, C. Martin Rumende, Ceva W. Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan, Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, and Erni J. Nelwan. 2020. “Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7(1):8.
WHO, CONSTITUTION O. F. 2020. “World Health Organization.” Responding to Community Spread of COVID-19. Reference WHO/COVID-19/Community_Transmission/2020.1.
Published
2023-02-13
Section
Artikel Penelitian