Pengaruh Citra Pelayanan Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien Pasca Gempa di Rsu Anutapura Palu
The Effect of Outpatient Services Image to Customers' Satisfaction Post Earthquake in Anutapura Hospital Palu
Abstract
Citra yang baik akan mampu meningkatkan kesuksesan suatu perusahaan dan sebaliknya citra yang buruk akan memperburuk kestabilan suatu perusahaan. Citra rumah sakit berdampak pada sikap dan perilaku pasien terhadap rumah sakit. Sehingga sangat diperlukan pemahaman hubungan antara citra rumah sakit dan pengaruhnya terhadap intensi pasien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh citra pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien Pasca Gempa di RSU Anutapura Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien Pasca Gempa di RSU Anutapura Palu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling, terhadap 65 orang pasien rawat jalan RSU Anutapura Palu. Tehnik analisa menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien adalah variabel lingkungan fisik dengan nilai koefisien 0,111 dan nilai sig 0,356 > 0,05, karyawan dengan nilai koefisien 0,190 dan nilai sig 0,190 > 0,05, pelayanan yang diberikan dengan nilai koefisien 0,140 dan nilai sig 0,427 > 0,05dan individual perusahaan dengan nilai koefisien 0,153 dan nilai sig 0,264 > 0,05. Sedangkan variabel yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pasien adalah variabel identitas perusahaan dengan nilai koefisien -0,091 dan nilai sig 0,511 > 0,05.Saran dalam penelitian ini yaitu sebaiknya rumah sakit terus berupaya meningkatkan dan mempertahankan citra pelayanan yang ada sehingga kepuasan pasien selalu terjaga serta dapat meningkatkan peralatan pendukung untuk pemeriksaan pasien seperti penambahan tempat duduk untuk pasien mengunggu dan tempat parkir yang memadai agar sehingga dapat mempertahankan kepuasan pasien.
References
Astaman, P., Canaldhy, R.S., Chandra, R., 2016,Evaluasi Pelayanan Publik Di Kecamatan Kemuning Kota Palembang Pasca Pemekaran Tahun 2008-2013.Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 1(2)
Baihaqi, M., Artanti, Y., 2016, Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2).
Dinkes., 2017, Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah 2017. Palu
Fajriati, A., Harris, S., Widyawati, K., 2018,Perancangan Rumah Sakit Umum Berkonsep Healing Environment Di Kecamatan Cileungsi. Jurnal Desain, 5(3).
Hadya, R.A., 2016, Pengaruh Efektifitas Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien RSUP H. Adam Malik Medan. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, 1(2).
Hakim, M.L., Cahyono, D., Herlambang, T., 2019,Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1).
Hazfiarini, A., Ernawaty., 2016,Indeks Kepuasan Pasien Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 4(2).
Inayah, I., Keliat, B.A., dkk, 2018,Pelatihan Model AKRJI Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Asuhan Keperawatan Rawat Jalan. Prosiding Penemuan Ilmiah Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).
Javed, S.A., Ilyas, F., 2018,Service quality and satisfaction in healthcare sector of Pakistan—the patients’ expectations. International journal of health care quality assurance, 31(6).
Kemenkes., 2018, Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta
Kolonio, M., Mandey, S.L., Nelwam, O.L., 2016, Analisis Peran Ekstra Karyawan Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada CV. Sarana Marine Fiberglass Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1)
Kuntoro, W., Istiono, W., 2017,Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran PasienRawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1).
Maqrifah., 2018, Pengaruh Brand Image Ketrhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Instalasi Rawat Jalan Dan Rawat Inap RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar Tahun 2017.(Skripsi). Makassar : Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Masruroh, L., Slamet, A., Khafid, M., 2017,Pengaruh Keefektifan Pembelajaran Pelatihan Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Balai Diklat Keagamaan Semarang. Jurnal Educational Management, 6(2)
Nugraha, K.S.W., Suryaningsih, I.K., Paramita, C., 2018, Pengaruh Elemen-Elemen Healthcare Service Quality (HCSQ) Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Bina Sehat Jember.Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(3).
Oktariana, D., Kurniawan, A., 2018,Daya Tanggap, Keandalan, Jaminan, Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Citra UMM.Jurnal Nasional Teknologi dan Bisnis.
Panggabean, S.,2018,Perlindungan Hukum Praktik Klinik Kebinanan.Yogyakarta : Cv Budi Utama.
Patria, A., Amatiria, G., 2017,Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan.Jurnal Keperawatan, 13(1)
Prastiwi, P.I., Astuti, D.S.P., Harimurti, F., 2018,Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverages, Sistem Pengendalian Internal, Dan Reputasi Auditor Terhadap Audit Delay Dengan Audit Tenure Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 14(1)
Prihatin, K.S., Dewi, Y.S., 2019,Pengaruh Pelayanan Akademik Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Universitas Banten Jaya (Unbaja). Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 2(1).
Profil RSU Anutapura Palu, 2018
Rahayu, A.D., 2019,Hubungan Citra Pelayanan Dengan Pemanfaatan Layanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Jember Klinik Tahun 2018. (Skripsi).Jember :Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.
Rianto, A., Herawaty, V., 2019, Peran Diversifikasi Sebagian Pemoderasi Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Good Corporate Govermance Terhadap Manajemen Laba Riil. Jurnal Nasional Cendekiawan 1(5)
Sarawati, A., 2018, Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Dr. Gl. Tobing. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan BisnisUniversitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
Sinaga, S.E.N., 2018,Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan Di Rs Misi Lebak. Jurnal Keperawatan Komprehensif, 4(1).
Sudirman., 2016.Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Yogyakarta : Leutikaprio.
Sulistyono.,2018,Peranan Pelayanan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Managemen Bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Jurnal Swara Patra, 8(2).
Supartiningsih, S., 2017,Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1).
Taufik., 2019, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Poncowati Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, 2(3)
Tugiarto, A., Pratiwi, F.,dkk, 2018, Pengolahan Data Pasien Rawat Jalan Puskesmas Bumi Ayu Kota Dumai Berbasis Web. Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, 10(2).
Wulandari, A., 2016, Pemetaan Mikrozonasi Daerah Rawan Gempabumi Menggunakan Metode Hvsr Daerah Painan Sumatera Barat.Skripsi, Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan TinggiJurusan Teknik Geofisika Fakultas TeknikUniversitas Lampung
Yuniar, Y., Handayani, R.S., 2016,Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1).
Yuninda, M.E., 2018, Pengaruh Citra Rumah Sakit Dan Kualitas PelayananTerhadap Loyalitas Pelanggan Melalui KepuasanPelanggan. Skripsi, Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta