Analisis Peluang Pemasaran Produk Kerajinan Daun Silar pada Industri Kecil Menengah Lanu Nagaya Liku Kota Palu

An Analysis of Marketing Opportunities For Silar Leaf Craft Products in Lanu Nagaya Liku Micro Small and Medium Enterprises, Palu

  • Siti Fatimah Aslam Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Burhanuddin Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Bagian Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Peluang Pemasaran dan Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui dan menganalisis peluang pemasaran produk kerajinan daun silar pada Industri Kecil Menengah Lanu Nagaya Liku Kota Palu. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil analisis IE Matrik, IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu berada pada sel I maka strategi yang digunakan yaitu melalui integrasi vertikal, strategi yang ditetapkan adalah konsolidasi, perusahaan yang berada pada sel ini dapat memperluas pasar, memperbaiki fasilitas produksi dan teknologi pengembangan internal dan eksternal memalui join ventures (merger). Dari hasil analisis SWOT diketahui nilai S<O yaitu (0,34 < 0,36),  strategi yang dapat dilakukan IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu adalah dengan membuka lokasi baru karena IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu berada dalam kondisi Masih kurangnya industri kecil dan menengah daun silar di Kota Palu dan pangsa pasar yang besar, strategi lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan potongan penjualan jika konsumen melakukan pembelian ulang, hal ini dilakukan agar konsumen terus melakukan pembelian Kerajinan daun silar di IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu.  Nilai W<O yaitu sebesar (0,30 < 0,36), strategi yang dapat digunakan adalah strategi yang dapat dilakukan IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu adalah dengan memberikan pelatihan bagi para karyawan dengan mendatangkan tenaga ahli sebagai instruktur, untuk meningkatkan keahlian karyawan pada IKM.  Nilai S>T yaitu (0,34 > 0,30), strategi yang dapat dilakukan IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu adalah dengan terus meningkatkan kualitas dan Lokasi IKM mudah dijangkau agar konsumen merasa puas dengan produk yang dibeli pada IKM. Nilai W=T yaitu sebesar (0,30 = 0,30), Strategi yang dapat digunakan IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu adalah dengan terus meningkatkan kegiatan-kegiatan promosi agar konsumen menjadi tahu tentang IKM. Lanu Nagaya Liku Kota Palu dan produk kerajinan daun silar yang dijualnya sehingga tertarik untuk membeli, strategi lain yang dapat digunakan adalah dengan meminimalkan biaya dan operasi yang tidak efisien.

References

Assauri, Sotjan. 2015. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Penerbit : PT Gramedia Pustaka. Jakarta.
Hasan, Ali. 2013, Marketing, Cetakan Pertama. Media Pressdindo. Yogyakarta.
Hendro. 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Erlangga. Jakarta.
John W, Mullins dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, 8th Edition, McGraw-Hill International Edition.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. remaja Rosdakarya. Bandung.
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Erlangga, Jakarta.
Tulus T.H. Tambunan. 2009. UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia.Bogor.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM, Bab IV pasal 6
Published
2020-10-15
Section
Artikel Penelitian