Analisis Beban Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang

Workload Analysis on Employee Morale at the Cempa District Office, Pinrang Regency

  • Rahmi Siwa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Haris Abd. Kadir Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sirajudin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Beban, Kerja, Semangat Kerja

Abstract

Dari hasil perhitungan, dengan menggunakan analisis model regresi linear berganda, diperoleh F-hitung sebesar 9,703 dengan tingkat probabilitas 0,001 (signifikan), serta nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel Beban Kerja Fisik (X1) dan Beban Kerja Mental (X2) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel Semangat Kerja Pegawai (Y) pada Kantor Kecamatan Cempa. Dari hasil pehitungan uji t-hitung X1 = 1,939 pada taraf kesalahan 5% atau nilai profitabiltas  0,05 > 0,062, hal ini menunjukkan bahwa Beban Kerja Fisik (X1) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Semangat Kerja Pegawai (Y) pada Kantor Kecamatan Cempa. Dari hasil pehitungan uji t-hitung X2 = 2,771 pada taraf kesalahan 5% atau nilai probabilitas 0,05 > 0,010 ini menunjukkan bahwa variabel Beban Kerja Mental (X2) secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Semangat Kerja Pegawai (Y) pada Kantor Kecamatan Cempa.

References

Arianti dan Dewantari. 2011. Definisi Beban Kerja Fisik. http://www.scribd.com?doc/Beban-Kerja-Fisik. Diakses pada 16 Maret Pukul 04.15.
B. Siswanto Sastrohadiwiryo. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fitria Damayanti. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Melalui Disiplin Kerja. E-Jurnal Investasi Fakultas Ekonomi Unwir. Vol. 1 No. 1 Hal. 36-53.
Hariyati, M. 2001. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kelekahan Kerja Pada Pekerja Linting Manual Di PT. Djitoe Indonesia Tobacco Surakarta, Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Mardjan Dunggio. 2013. Semangat dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Utara. E-Jurnal EMBA. Vol. 1 No. 4 Hal. 523-533.
Nawawi, H. 2006. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Cetakan Pertama. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Ratna Megawangi. 2007. Semua Berakar pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.
Risma Adelina Simanjuntak. 2010. “Analisis beban kerja mental dengan metode Nasa-TLX”. Skripsi, Teknik industri, Institusi sains & Teknologi AKPRIND: Yogyakarta.
Rivai, Veithzal. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Peusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Pekasa.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Edisi 1 Cetakan Ke 16. : Alfabeta Bandung.
Published
2021-08-15
Section
Artikel Penelitian