Analisis Model Komunikasi dan Penerapan Etos Kerja Pegawai Rutan Kelas II A Palu

Analysis of Communication Models and Application of Work Ethic for Class II A Hamlet Rutan Employees

  • Norma Yunita Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Ali Supriadi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
  • Awaludin Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Komunikasi, Penerapan, Etos Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Untuk mengetahui model komunikasi dan etos kerja  di Rutan kelas IIA  Palu, (2) Untuk mengetahui perkembangan penerapan etos kerja pegawai Rutan kelas IIA Palu dan (3) Untuk mengetahui cara mengatasi kendala penerapan etos kerja di Rutan kelas IIA Palu. Jenis Penelitain adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara sebagai alat pengumpul data di lapangan dan analisisnya ditampilkan  dalam bentuk narasi (uraian kalimat). Sumber data dalam penelitian ini adalah para pegawai Rutan Kelas IIA Palu terdiri dari pimpinan dan bawahannya sebagai sumber data primer dan dokumen-dokumen sebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian menujukkan bahwa: 1) Model Komunikasi yang diterapkan di Rutan Kelas IIA Palu adalah Komunikasi Komunikasi vertikal ke atas,Komunikasi vertikal ke bawah, Komunikasi Horisontal. 2) Penerapan etos kerja pada pegawai Rutan kelas IIA Palu secara umum sudah baik, akan tetapi terdapat beberapa indikasi yang menjadi masalah dalam etos kerja pada  pegawai Rutan Kelas IIA Palu, yaitu  Masalah kedisiplinan, dan  Melakukan pekerjaan secara profesional. 3) Adapun Salah satu strategi yang digunakan dalam peningkatan etos kerja adalah dengan menggunakan pendekatan, kalau misalkan dengan pendekatan masih belum bisa maka ada penindakan khusus dari perusahaan, misalnya dengan pemotongan gaji pegawai tidak displin.

References

1. Jaliyuddin N. Upaya Kepala Man I Lebong Dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru. IAIN Curup; 2016.
2. Ferinia R, Kurniullah AZ, Naipospos NY, Tjiptadi DD, Gandasari D, Metanfanuan T, et al. Komunikasi Bisnis. Yayasan Kita Menulis; 2020.
3. Gumilar W, Cythia R, Silvana H. Komunikasi organisasi di Perpustakaan Bapusipda Jawa Barat. Edulib. 2014;4(2).
4. Sukmawati E, Ratnasari SL, Zulkifli Z. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Pelatihan, Etos Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan. J Dimens. 2020;9(3):461–79.
5. NISA AK. PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. 2019;
6. Irfan, M., & Rajindra, R. (2020). ANALISIS PENGELOLAAN FASILITAS KERJA TERHADAP KUALITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN SIGI. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).
Published
2021-11-06
Section
Articles