Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Palu

Factors Associated with Behavior in Students of Muhammadiyah 1 Junior High School, Palu

  • Elva Maya Pertiwi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Budiman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurjanah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pengaruh Teman, Pengaruh Orang Tua, Perilaku Merokok

Abstract

Perilaku merokok di kalangan remaja sekarang bukanlah hal baru lagi. Tidak jarang menemukan remaja yang masih mengenakan seragam sekolahnya merokok bersama temanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap, Pengaruh Orang Tua Dan Pengaruh Teman Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa SMP Muhammadiyah 1 Palu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan desain Cross Sectional Study pengolahan dilakukan dengan uji Chi Square. Jumlah sampel yang di gunakan adalah 60 siswa dengan nilai p value < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku merokok siswa dengan p-Value 0,700 dan terdapat hubungan antara sikap dengan p-Value 0,017, faktor orang tua dengan p-Value 0,003 dan pengaruh teman dengan p-Value 0,000 dengan perilaku merokok siswa SMP Muhammadiyah 1 palu. Disarankan agar guru memperhatikan perkembangan setiap siswanya terutama mengenai penerapan disiplin dan peraturan tentang larangan rokok bagi siswa khususnya laki-laki, dengan memberikan konseling tentang bahaya perilku merokok

References

Baharuddin, 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Anak Usia Remaja Madya (15-18 Tahun), Skripsi. Fakiltas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negri Alauddin, Makassar ( skripsi)
Isa, L., Lestari, H., & Afa, J. R. (2017, Agustus). Hubungan Tipe Kepribadian, Peran Orang Tua Dan Saudara, Peran Teman Sebaya, Dan Peran Iklan Rokok Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Smp Negeri 9 Kendari Tahun 2017, II(7), 1-10 (jurnal)
Kemenkes RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. (Buku)
Oktaviani, N., Avianty, I., & Mawati, E. D. (2019, Februari). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Pria Di Universitas Pakuan Bogor Provinsi Jawa Baratdi Universitas Pakuan Bogor Provinsi Jawa Baratdi Universitas Pakuan Bogor Provinsi Jawa Barat Tahun 2018, 2(1), 44-53. (jurnal)
Riset Kesehatan Dasar. 2018. Data Kesehatan Perilaku Merokok. Jakarta (buku)
Salmawati, dkk. 2016. Hubungan Perilaku Dengan Kebijakan Dan Kebiasaan Merokok Siswa Kelas Vii Dan Viii Di Smp Negeri 5 Palu Tahun 2015. Jurnal, Jurnal Preventif, Volume 7 Nomor 2 (jurnal)
WHO. (2018). Prevalensi Of Tobacco Smoking. WHO. (buku)
Wijayanti, E., Dewi, C., & Rifqatussa’adah. (2017, December 27). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Kampung Bojong Rawalele, Jatimakmur, Bekasi, 5(3), 194-198. (jurnal)
Published
2020-05-15
Section
Artikel Penelitian

Most read articles by the same author(s)