Hubungan Pola Makan dan Ketersediaan Pangan Rumah Tangga dengan Status Gizi Remaja di Huntara Asam III Kec. Ulujadi Kota Palu

The Correlation Between Dietary Habit and the Availability of Household Foods with Adolescent's Nutritional Status in Huntara Asam III, Ulujadi District, Palu City

  • Hartina Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Abdul Hakim Laenggeng Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Nurjanah Bagian Gizi, Fakultas Kesehatan masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pola Makan, Pangan Rumah Tangga, Status Gizi Remaja

Abstract

Penurunan status gizi pada remaja disebabkan karena kurangnya jumlah asupan makanan yang dikonsumsi baik secara kuantitas maupun kualitas. Kuantitas dan kualitas pangan yang dikonsumsi dipengaruhi oleh tingkat pendapatan keluarga tingkat pengetahuan ibu tentang gizi seimbang, tingkat pendidikan ibu, pola makan dan ketersediaan pangan di keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan ketersediaan pangan rumah tangga dengan status gizi remaja di Huntara Asam III kecamatan Ulujadi Kota Palu.  Desain penelitian ini adalah penelitian analitik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan Cross Sectional Study. Penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji Chi – Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada hubungan bermakna antara pola makan dengan status gizi remaja dengan p value = 0,141 (p>0,05) dan ada hubungan yang bermakna antara ketersediaan pangan rumah tangga dengan status gizi remaja di Huntara Asam III Kecamatan Ulujadi Kota Palu dengan p value = 0,024 (p<0,05).  Penelitian ini menyarankan kepada remaja yang berada di Huntara Asam III Kecamatan Ulujadi Kota Palu, agar mengikuti kegiatan posyandu remaja sehingga kesehatan remaja terutama status gizi mereka dapat dipantau oleh petugas kesehatan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi – tingginya. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat menciptakan usaha kecil yang sederhana untuk mencukupi kebutahan ekonomi masyarakat agar tidak selalau mengharapkan bantuan dari pemerintah dengan begitu masyarakat dapat lebih memperhatikan ketersediaan pangan di rumah tangga dengan menyediakan makanan yang bergizi. Sehingga pangan rumah tangga dapat selalu tersedia dengan begitu gizi anggota keluarga menjadi baik.

References

Annisa, Q., N., W, L., dkk, 2017, Hubungan Ketersediaan Pangan dan Asupan Zat Gizi dengan Kadar Hemoglobin Santriwati Saat Puasa Ramadhan di Pondok Pesantren Al Isti’anah Desa Plangitan Kabupaten Pati. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 5 : 744-751.
Arifin., Leo. A., 2015, Hubungan Sarapan Pagi dengan Konsentrasi Siswa di Sekolah Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3 : 203-207.

Arisman., 2014. Gizi dalam Daur Kehidupan: Buku Ajar Ilmu Gizi. Jakarta: EGC Penerbit Buku Kedokteran.

Arlius, A., Sudargo, T., dkk, 2017, Hubungan Ketahanan Pangan Keluarga dengan Status Gizi Balita (Studi di Desa Palasari dan Puskesmas Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang). Jurnal Ketahanan Nasional, 23 : 359-375.

Agustina., Permatasari, P., 2019, Hubungan Pengetahuan dan Penerapan Pesan Gizi Seimbang pada Remaja dalam Pencegahan Anemia Gizi Besi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11 : 1-9

Anggraeni, S.D., 2015. Hubungan Antara Body Image dengan Frekuensi Makan, Jenis Makanan, dan Status Gizi Remaja Putri di SMA Negeri 7 Surakarta. Skripsi, Prodi Ilmu Gizi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Surakarta.

Bambang, W, dan Meryana, A, 2012, Pengantar Gizi masyarakat. Penerbit Kencana Pernada Media Grup. Jakarta
Damanik, H., 2015, Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi pada Balita Usia 1-4 Tahun di Lingkungan II Kelurahan Namogajah Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 1 : 54-61
Desthi, D. I., I, S., dkk., 2019, Hubungan Asupan Makan dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Peleton Inti SMPN 5 Yogyakarta. (Doctoral Dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
Endang, E. S., Hanim, D., Ariyati, NB., 2018, Hubungan Ketersediaan Pangan Keluarga Miskin, Asupan Protein dan Zink dengan Pertumbuhan Anak Umur 12-24 Bulan pada Siklus 1000 Hari Pertama Kehidupan, MGMI, 9 : 99-112.

Ethasari, Rossa, K., 2014, Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan dengan Kesegaran Jasmani dan Status Gizi p ada Anak Sekolah Dasar di SD Negeri Padangsari 02 Banyumanik. (Skripsi). Semarang : Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Faiqoh, R. B., Suyatno, S., dkk, 2018, Hubungan Ketehanan Pangan Keluarga dan Tingkat Kecukupan Zat Gizi dengan Kejadian Stunting pada Anak Usia 24-59 Bulan di Daerah Pesisir (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 6 : 413-421.
Hani, O. R., 2018, Hubungan Status Gizi dengan Kualitas Hidup pada Siswa SMAN 9 Kota Padang, (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).
Hamzah, D. F., 2017, Hubungan Ketahanan Pangan Keluarga dengan Status Gizi Keluarga Buruh Kayu di Kampung Kotalintang Kecamatan Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh Tahun 2014. Jumantik 35 : 134-146
Harahap, M., E., L., M., 2018, Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pemberian Gizi Pada Balita Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Sogae’adu Kabupaten Nias. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 4 : 8-12

Irianti, B., 2018, Faktor- Faktor yang Menyebabkan Status Gizi Kurang pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sail Pekanbaru Tahun 2016. Midwifery Journal 3 : 95-98.
Juliani, D., 2018, Gambaran Kebiasaan Makan dan Status Gizi Remaja SMA Harapan Mandiri Medan, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Karis, K., 2015, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Remaja Putri pada Usia Menarche pada Remaja Putri di SMPN 155 Jakarta. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat Vol. 6 Edisi 1.

Kompas, 2018, Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan keluarga. Penerbit Kompas. Jakarta
Liana, E, A., Soharno, dkk, Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang dengan Indek Masa Tubuh Pada Mahasiswa, Jurnal Akademi Kebidanan Panca Bhakti Pontianak, 7 : 132-139

Maksum, A., 2019, Pengaruh Pola Asuh Makan dengan Status Gizi Balita Usia 12–24 Bulan di Wilayah Kerja Upt Puskesmas Pademawu Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Marapaung, C.A., 2015, Hubungan Pengetahuan, Pola Makan, dan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Gizi Lebih pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Tahun 2015. Skripsi, FKM USU, Medan.

Mariyanti, N., 2017, Hubungan Pengetahuan, Pola Makan dengan Status Gizi Mahasiswa Fakultas O lahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, 1(811412030).
Margawati, A., Astuti, A. M., 2018, Pengetahuan Ibu, Pola makan dan Status Gizipada Anak Stunting Usia 1-5 Tahun di Kelurahan Bangetayu, Kecamatan Genuk, Semarang. Jurnal Gizi Indonesia, 6 : 82-89
Mora, S. M., 2019, Hubungan Pola Makan dan Status Gizi pada Remaja Usia 13-15 Tahun di SMP Negeri 21 Surabaya, (Doctoral Dissertation, Universitas Merdeka).
Nindya, S, T,. Prasetyaningtyas, D., 2017, Hubungan Antara Ketersediaan Pangan dengan Keragaman Pangan Rumah Tangga Buruh Tani, 12 : 149-155.
Ningrum, V., 2019, Akses Pangan dan Kejadian Balita Stunting: Kasus Pedesaan Pertanian Di Klaten. Jurnal Pangan, 28 : 73-82.
Noviyanti, R. D., Marfuah, D., 2017, Hubungan Pengetahuan Gizi, Aktivitas Fisik, dan Pola Makan terhadap Status Gizi Remaja di Kelurahan Purwosari Laweyan Surakarta. URECOL, 8 : 421-426.
Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu Kabonena, 2019. Palu Barat
Pramudita, S., R., 2018, Gambaran Aktivitas Sedentari dan Tingkat Kecukupan Gizi pada Remaja Gizi Lebih dan Gizi Normal. Media Gizi Indonesia, 12 : 1-6.
Priyanto, S., 2018, Hubungan Umur, Tingkat Pendidikan, dan Aktivitas Fisik Santriwati Husada dengan Anemia. 6 : 143-146.
Ratnawati, A., Muhayati, A., 2019, Hubungan Antara Status Gizi dan Pola Makan dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 9 : 563-570.

Ratupelan, E., Zainudin, A., dkk, 2018, Hubungan Pola Makan, Ekonomi Keluarga dan Riwayat Infeksi dengan Kejadian Gizi Kurang pada Balita Diwilayah Kerja Puskesmas Benua-Benua Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3 : 1-13
Riskesdas, 2013, Hasil Utama Riskesdas 2013 . Kementrian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.
Safita, N. A., Rusjiyanto., dkk, 2019, Hubungan Antara Tingkat Konsumsi Energi, Protein, Lemak, dan Karbohidrat dengan Status Gizi di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al Muttaqien Pancasila Sakti Klaten. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Sibyan, H. H., 2018, Upaya peningkatan ketahanan pangan rumah tangga melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Dusun Bulurejo Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Susanty, A., Solichan., dkk, 2019, Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Anak Jalanan Kota Surabaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 4 : 156-161

Supariasa, I W, 2012, Penilaian Status Gizi. Penerbit Buku Kedokteran. EGC. Jakarta.

Syampurma, H., 2019, Kontribusi Status Gizi Terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Bagi Siswa-Siswi SMPN 10 Padang. Jurnal Menssana, 1 : 71-79.
Wahyuningsih, U., Anwar, F., dkk, 2019, Kualitas Konsumsi Pangan Kaitannya dengan Status Gizi Anak Usia 2-5 Tahun pada Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar dan Sinar Resmi. Indonesian Journal of Health Development, 2 : 1-5.
Waladow, G, W., 2016, Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi pada Anak di wilayah kerja Puskesmas Tompaso Kecamatan Tompaso. Jurnal Keperawatan, 1 : 1-6.
Zahtmal., Munir., 2019, Edukasi Kesehatan Tentang Pola Makan dan Latihan Fisik Untuk Pengelolaan Remaja Underweight. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 2 : 64
Published
2020-07-15
Section
Artikel Penelitian