Pengetahuan Remaja Putri tentang Manfaat Tablet FE dalam Upaya Pencegahan Anemia di SMAN 6 Model Sigi

The Knowledge of Teenage Girls About the Consumption of FE Tablets in Efforts to Prevent Anemia in SMAN 6 Model Sigi

  • Ivon Valentin Mandagi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Munir Salham Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
  • Herlina Yusuf Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pengetahuan, Remaja, Tablet Fe, anemia

Abstract

Tablet  Fe  adalah  elemen  biokatalitik yang paling  penting  dalam  enzymology manusia, dengan peran utamanya dalam metabolisme oksidatif, proliferasi dan pertumbuhan sel serta penyimpanan dan transportasi oksigen. Tablet Fe berfungsi sebagai suplemen yang mengandung zat besi. Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan untuk membentuk  sel darah merah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan remaja tentang manfaat tablet Fe dalam upaya pencegahan anemia di SMAN 6 Model Sigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deksriptif dengan pendekatan kualitatif, melakukan pengamatan, wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi. Informan yang diambil dalam penelitian ini adalah 1 guru kesiswaan dan 6 siswa kelas X di SMAN 6 Model Sigi. Hasil penelitian diperoleh bahwa remaja putri di SMAN 6 Model Sigi masih banyak yang belum memahami dan mengerti tentang manfaat tablet Fe dan apa itu Anemia. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemberian edukasi mengenai manfaat tablet Fe dan bahaya anemia bagi remaja putri. Ketidakcukupan informasi tentang manfaat tablet Fe dan bahaya anemia tersebut menyebabkan beberapa remaja putri memutuskan untuk tidak mengkonsumsi tablet Fe secara rutin, bahkan ada yang tidak pernah mengkonsumsi tablet Fe yang telah dibagikan, padahal remaja putri setiap bulannya mengalami menstruasi yang mengakibatkan kurang darah sehingga remaja tersebut berisiko terkena anemia. Edukasi mengenai manfaat tablet Fe dan bahaya anemia perlu di berikan kepada remaja putri, agar remaja putri menyadari manfaat tablet Fe bagi kesehatan sebagai upaya pencegahan anemia. Remaja putri dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk mencari berbagai informasi mengenai manfaat tablet Fe dan bahaya anemia.

 

References

Akma Listiana. (2016). analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian anemia gizi besi pada remaja putri di smkn 1 terbanggi besar lampung tengah. Jurnal Kesehatan.
Ayu Silfia, Apoina kartini dan Sri Achadi Nugraheni, (2019). Hubungan asupan zat gizi (protein, zat besi, vitamin c) dan pola (siklus, lama) menstruasi dengan kadar hemoglobin (studi pada remaja putri di smk negeri 10 semarang). jurnal kesehatan masyarakat (e- Journal), Volume 7.
Anisa Wulandari, Oswati Hasanah dan Rismadefi Woferst, (2018). Gambaran kejadian dan manajemen dismenore pada remaja putri di kecamatan lima puluh kota pekanbaru. Vol. 5 .





Dewi M. & A. Wawan. (2012). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia.
Dwi Ertiana dan Reni Yuli Astuti, (2017).
anemia dalam kehamilan.
KEMENKES. (2018). Pentingnya Mengkonsumsi Tablet Fe Bagi Ibu Hamil.
Moleong Lexy J. (2004). Metodologi penelitian kualitatif., Bandung, remaja rosdakarya.
Published
2020-08-15
Section
Artikel Penelitian