Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dengan Kunjungan Antenatal Care di Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una

Relationship of Mother's Knowledge and Attitude with Antenatal Care Visits at the Matako Health Center, West Tojo District, Tojo Una-Una Regency

  • Irmawati Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Munir Salham Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
  • Sriwahyudin Moonti Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Antenatal Care

Abstract

Pemeriksaan kehamilan (antenatal care) adalah asuhan yang diberikan kepada ibu hamil secara berkala untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya. Salah satu pemanfaatan pelayanan antenatal oleh seorang ibu hamil dapat dilihat dari cakupan antenatal yang kurang dari standar minimal. Laporan PWS-KIA Puskesmas Mataka Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Unauna, deteksi resiko tinggi oleh tenaga kesehatan pada tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kunjungan antenatal care di Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una- una. Penelitian ini menggunakan survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini menggunakan total populasi dengan jumlah 35 orang ibu hamil. Analisis yang digunakan analisis univari- at dan bivariat. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan ibu dengan kunjungan ante- natal care di Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una dengan nilai p 0,000 <0,05. Ada hubungan pengetahuan sikap ibu dengan kunjungan antenatal care di Puskesmas Matako Kecamatan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una dengan nilai p 0,022<0,05. Kesimpulan penelitian ini ada hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan kunjungan antenatal care di Puskesmas Matako Keca- matan Tojo Barat Kabupaten Tojo Una-Una. Diharapkan dapat meningkatkan promosi kesehatan mengenai pentingnya pemeriksaan kehamilan melalui kunjungan antenatal terpadu di puskesmas.

References

Agustiarini, A., & Sundayani, L. (2020). Pengaruh Sikap dan Perilaku Bidan terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Saat Pelaksanaan ANC di Wilayah Kerja Puskesmas Kuripan. Jurnal Midwifery Update (MU), 2(2), 115-121.
Ariestanti, Y., Widayati, T., & Sulistyowati, Y. (2020). Determinan perilaku ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan (antenatal care) pada masa pandemi covid-19. Jurnal Bidang ilmu kesehatan, 10(2), 203-216.
Dewi, A. K. (2011). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan menghadapi masa pensiun pada pegawai negeri sipil. Surakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Gobel, F. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Pemeriksaan ANC Pada Masa Pandemi di Poskesdes Bungadidi Kec. Tana Lili. Journal of Muslim Community Health, 2(1), 108-120.
Kusuma, R. (2018). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Tentang Antenatal Care Dengan Kunjungan K4. Jurnal Psikologi Jambi, 3(1), 24–32.
Lestari, Nur Dewi. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Sosial.
Notoatmodjo S. (2012) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta Notoatmodjo, S. (2016). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta, Rineka Cipta.
Padila. 2014. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika.
Permatasari. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Dalam Melakukan Kunjungan K4 di Desa Kalimo’o Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, 1(1), 8–15.
Rizkia, M. M. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Ibu Hamil dalam Menjalani Kehami- lan Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Malang, 5(2), 80-86.
Situmorang. (2017). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Terhadap Kunjungan ANC di Desa Siopat Sosor. Jurnal Kesehatan Poltekkes Medan, 1(1), 87–96.
Susilawati, S., Karyanah, Y., & Kusumapradja, R. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Ten- tang Kehamilan Dengan Keteraturan Pemeriksaan Kehamilan di Puskesmas Balaraja Kabu- paten Tangerang Banten. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 2(2), 82-89.
Wawan & Dewi M. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan. Perilaku Manusia.Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika
Published
2023-05-25
Section
Artikel Penelitian